PERAN DINAS PARIWISATA KALIMANTAN TIMUR DALAM MEMPUBLIKASIKAN BATIK DAYAK KEPADA MASYARAKAT SAMARINDA (ADI SAMSURI)

November 23, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Nov 23, 2016 @ 3:13 PM
IP: 180.248.249.8

  • 1. Title [Judul]: PERAN DINAS PARIWISATA KALIMANTAN TIMUR DALAM MEMPUBLIKASIKAN BATIK DAYAK KEPADA MASYARAKAT SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: ADI SAMSURI
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Peran, Dinas Pariwisata, Publikasi, Batik Dayak
  • 4. Description [Abstrak] : Adi Samsuri, NIM 1002055202. Peran Dinas Pariwisata Dalam Mempublikasikan Batik Dayak Di Samarinda. Skripsi ini dibawah bimbingan Dr. Rita Katalinggi, M.Si selaku dosen pembimbing I dan bapak Drs. Sugandi, M.Si selaku dosen pembimbing II, Jurusan Ilmu Komunikasi, Program Studi Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Mulawarman.
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peran dinas pariwisata provinsi Kalimantan Timur dalam mempublikasikan batik dayak kepada masyarakat. Metode Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan atau melukiskan objek yang diteliti berdasarkan fakta yang ada dilapangan. Menggunakan informan sebagai sumber data, data-data yang disajikan menggunakan data primer dan data sekunder melalui wawancara, observasi dan dokumentasi laporan, yang berkaitan dengan penelitian, kemudian teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data kualitatif dengan model interaktif dari Matthew B. Miles danA.Michael Huberman.
    Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Dinsa Pariwisata provinsi Kalimanta Timur melakukan beberapa strategi untuk dapat mempublikasikan batik dayak kepada masyarakat Samarinda, menggunakan media untuk meningkatkan dan mempermudah dalam mempublikasikan batik dayak. Ternyata dalam pencapaiannya mempublikasikan melalui media dan pameran sangat efektif untuk masyarakat samarinda..
    Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah mempublikasikan batik dayak melalu berbagai media seperti iklan, internet dan pameran secara keseluruhan Dinas Pariwisata Kalimantan Timur cukup berhasil dalam mempublikasikan batik dayak tersebut.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Rita Kalalinggi, M.Si dan Drs. Sugandi, M.SI
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 23 November 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email