PELAYANAN KESEHATAN BAGI BALITA DI POSYANDU CEMPAKA 2 KELURAHAN BERBAS TENGAH KECAMATAN BONTANG SELATAN KOTA BONTANG (Aulia Arsy Syamsi)

January 11, 2017
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jan 11, 2017 @ 9:12 AM
IP: 125.160.67.19

  • 1. Title [Judul]: PELAYANAN KESEHATAN BAGI BALITA DI POSYANDU CEMPAKA 2 KELURAHAN BERBAS TENGAH KECAMATAN BONTANG SELATAN KOTA BONTANG
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Aulia Arsy Syamsi
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pelayanan Kesehatan, Posyandu
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelayanan kesehatan bagi Balita di Posyandu Cempaka 2 Kelurahan Berbas Tengah Kecamatan Bontang Selatan Kota Bontang dengan indikator: Bentuk pelayanan kesehatan yang terdapat pada Posyandu terdiri dari penimbangan berat badan, pemberian vitamin, penyuluhan kesehatan, penentuan status pertumbuhan, imunisasi, gizi dan pencegahan dan penanggulangan diare serta faktor-faktor yang mempengaruhi pelayanan kesehatan pada Posyandu Cempaka 2.
    Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian yaitu data primer dan data sekunder, dimana data primer didapat dari key informan yaitu petugas Puskesmas dan Ketua Kader Posyandu yang dipilih melalui teknik purposive sampling, dan informan yaitu Kader Posyandu dan ibu Balita menggunakan teknik snowball sampling. Kemudian data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen, laporan Posyandu, serta internet. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif yang terdiri dari tahap pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
    Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pelayanan kesehatan bagi balita di Posyandu Cempaka 2 Kelurahan Berbas Tengah Kecamatan Bontang Selatan belum berjalan maksimal sebagaimana mestinya hal ini terlihat dari beberapa Kader Posyandu yang belum menerima pembinaan secara maksimal, masih rendahnya disiplin kerja Kader Posyandu Cempaka 2, keterlambatan pencairan gaji Kader dari pemerintah, lokasi tidak tetap Posyandu Cempaka 2 yang menyebabkan ketidaknyamanan pemberian pelayanan kesehatan serta masih kurangnya kesadaran ibu Balita untuk rutin mengikuti pelaksanaan pelayanan kesehatan di Posyandu Cempaka 2.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Fajar Apriani, S.Sos., M.Si. &  Drs. H. Hamdan, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2017
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

Loading

Print Friendly, PDF & Email