PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP DISIPLIN GURU DI SMA NEGERI 14 SAMARINDA (MAHARRANI DWI CAHYANINGSIH )

March 1, 2017
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Mar 1, 2017 @ 2:06 PM
IP: 180.246.137.230

  • 1. Title [Judul]: PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP DISIPLIN GURU DI SMA NEGERI 14 SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: MAHARRANI DWI CAHYANINGSIH
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kepemimpinan, Disiplin Guru
  • 4. Description [Abstrak] : Nama penulis Maharrani Dwi Cahyaningsih, Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Disiplin Guru di SMA Negeri 14 Samarinda. Dibawah bimbingan Dr. Heryono Susilo Utomo, M.Si selaku pembimbing I dan Drs. H. Hamdan, M.Si selaku pembimbing II.
    Berdasarkan latar belakang yang ada maka memunculkan rumusan masalah apakah Kepemimpinan Kepala Sekolah berpengaruh terhadap Disiplin Guru di SMA Negeri 14 Samarinda. Tujuan penelitian untuk menguji pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap disiplin guru di SMA Negeri 14 Samarinda dan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru SMA Negeri 14 Samarinda jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, menggunakan metode sampling jenuh. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, dan studi kepustakaan serta studi lapangan yaitu dengan melakukan pengumpulan data melalui kegiatan observasi secara tak langsung pada objek penelitian, menyebarkan kuisioner kepada 30 pegawai yang ada di SMA Negeri 14 Samarinda untuk mendapatkan data yang lebih jelas sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian. Alat pengukur data yang digunakan adalah skala ordinal. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui pengaruh antara dua variabel yaitu kepemimpinan kepala sekolah (independent varibel) dan disiplin guru (dependent variabel).
    Dari hasil pengolahan data diperoleh F hitung sebesar 5,655 dengan nilai signifikan 0,024. Dengan demikian H0 ditolak, maka model regresi yang diperoleh dari hasil pengolahan data dapat diterima. Untuk koefisiensi arah regresi, t= 2,378 dengan nilai signifikan 0,024, maka H0 ditolak yang berarti bahwa koefisien regresi bersifat nyata dan berpengaruh. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang erat antara kepemimpinan kepala sekolah dengan indikator (ketaatan terhadap jam kerja, ketaatan terhadap prosedur kerja, ketaatan terhadap intruksi atasan) terhadap disiplin guru dengan indikator (ketaatan terhadap jam kerja, ketaatan terhadap prosedur kerja, ketaatan terhadap intruksi atasan).

  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Heryono Susilo Utomo, M.Si Drs. H. Hamdan, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2017
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejournal AN

Loading

Print Friendly, PDF & Email