FUNGSI DINAS PERDAGANGAN KOPERASI DAN UKM DALAM PENGELOLAAN PASAR TRADISIONAL SIMPANG PAIT DI KECAMATAN LONG IKIS KABUPATEN PASER (Lia Nurmala Sari)

March 1, 2017
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Mar 1, 2017 @ 3:43 PM
IP: 180.246.137.230

  • 1. Title [Judul]: FUNGSI DINAS PERDAGANGAN KOPERASI DAN UKM DALAM PENGELOLAAN PASAR TRADISIONAL SIMPANG PAIT DI KECAMATAN LONG IKIS KABUPATEN PASER
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Lia Nurmala Sari
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Fungsi, Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Paser, Pengelolaan Pasar
  • 4. Description [Abstrak] : Fungsi Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM dalam Pengelolaan Pasar Tradisional Simpang Pait di Kecamatan Long Ikis Kabupaten Paser dibawah bimbingan Drs. Endang Erawan, M.Si selaku pembimbing I dan Hj. Hariati, S.Sos.,M.Si selaku pembimbing II.
    Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menganalisis tentang Fungsi Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM dalam Pengelolaan Pasar Tradisional Simpang Pait di Kecamatan Long Ikis Kabupaten Paser, serta mengidentifikasi Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Pengelolaan Pasar Tradisional Di Simpang Pait Kecamatan Long Ikis Kabupaten Paser. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan penelitian arsip-arsip serta dokumentasi yang ada di Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM serta Pasar Tradisional Simpang Pait Kecamatan Long Ikis Kabupaten Paser dengan menggunakan tehnik purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah metode analisis data deskriptif kualitatif, yang diawali dengan proses pengumpulan data (data collection), Kondensasi data (data condensation), Penyajian data (data display), Pengambilan kesimpulan (drawing and verifying conclusion).
    Hasil penelitian yang diperoleh bahwa dalam menjalankan fokus Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Paser dalam terutama dalam pengelolaan pasar masih belum sepenuhnya berjalan secara maksimal, dilihat dari retribusi pasarnya masih banyak terdapat masalah yang dirasakan oleh para pedagang pasar simpang pait, banyaknya ketidak sesuaian yang dirasakan oleh pedagang pasar, serta dalam penepatan yang dibangun oleh pemeribtah untuk para pedagang pasar pun masih belum sepenuhnya terpenuhi, serta dalam pengkoordinasian untuk melakukan pembangunan pasar masih terkendala oleh Alokasi dana yang diberikan oleh pemerintah tidak sesuai dengan kebutuhan dalam pembangunan pasar dengan begitu sarana dan prasarana masih belum cukup bagi para pedagang. Terutama mengenai kebersihan pasar yaitu sampah-sampah dari sisa pedagang pasar tidak ada upaya dari pemerintah untuk menangani masalah tumpukan sampah. Dan juga petugas yang ditugaskan oleh pihak instansi yang terkait yang ditugaskan untuk monitoring Pasar Tradisional Simpang Pait Kecamatan Long Ikis Kabupaten Paser serta pengawasan langsung yang dijadwalkan rutin dengan jangka watu beberapa bulan belum berjalan secara optimal.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Endang Erawan, M.Si Hj. Hariati, S.Sos.,M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2017
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejournal AN

Loading

Print Friendly, PDF & Email