REPRESENTASI MASKULINITAS DALAM FILM TALAK 3 (Studi Analisis Semiotika Roland Barthes) (Syulhajji S)

April 17, 2017
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Apr 17, 2017 @ 1:45 PM
IP: 61.94.87.188

  • 1. Title [Judul]: REPRESENTASI MASKULINITAS DALAM FILM TALAK 3 (Studi Analisis Semiotika Roland Barthes)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Syulhajji S
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Semiotika, Roland Barthes, Representasi, Maskulinitas, Film
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian yang ingin dicapai peneliti dalam penelitian skripsi ini adalah untuk menunjukkan dan memahami makna Representasi maskulinitas yang terdapat dalam Film Talak 3, yang dibimbing oleh Drs. H. Hamdan, M.Si selaku pembimbing I dan Hikmah, S.Sos.,M.A selaku dosen pembimbing II.
    Penelitian ini difokuskan pada sifat Maskulinitas No Sissy Stuff (Tidak kewanita-wanitaan), Be a Big Wheel (Berpengaruh penting), Be a Sturdy Oak (Kuat), Give em Hell (Berani), New Man as Nurturer (Kebapakan), New Man as Narcissist), Sifat kelaki-lakian yang macho, kekerasan dan hooliganism (Sangar), Laki-laki metroseksual mengagungkan Fashion.
    Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif interpretasi dengan teknik analisis data menggunakan analisis Semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam Film Talak 3 terdapat sisi maskulinitas yang memiliki mitos tersendiri.
    Berdasarkan hasil pembahasan, dapat diketahui bahwa representasi maskulinitas dalam film Talak 3 terbagi dalam dua bentuk. Pertama maskulinitas tradisional yang di citrakan kepada sosok laki-laki yang memiliki harta, istri, dan pekerjaan yang dianggap sebagai lelaki sejati. Kedua maskulinitas baru (new mascuality), yakni sebagai sosok lelaki yang menjalani gaya hidup metropolitan masyarakat yang modern dan metroseksual yang peduli akan gaya hidup yang teratur dan cenderung perfeksionis.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. H. Hamdan, M.Si & Hikmah, S.Sos., M.A
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 17 April 2017
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email