PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PELAKSANAAN MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA (MUSRENBANGDES) DI DESA SIDOMUKTI KECAMATAN MUARA KAMAN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (Hari Pinanti)

April 28, 2017
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Apr 28, 2017 @ 10:21 AM
IP: 180.248.119.64

  • 1. Title [Judul]: PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PELAKSANAAN MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA (MUSRENBANGDES) DI DESA SIDOMUKTI KECAMATAN MUARA KAMAN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Hari Pinanti
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Partisipasi masyarakat, Pembangunan, Musrenbangdes
  • 4. Description [Abstrak] : Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) merupakan forum musyawarah yang diselenggarakan secara partisipatif oleh para pemangku kepentingan desa dan pihak yang akan terkena dampak dari hasil musyawarah, termasuk masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan partisipasi masyarakat sebagai fokus penelitian.
    Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan dan menganalisis keterlibatan serta keikutsertaan masyarakat dalam pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) di Desa Sidomukti Kecamatan Muara Kaman Kabupaten Kartanegara .
    Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan cara penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan teknik analisis data model interaktif yang dimulai dari proses pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (display data), dan pengambilan kesimpulan dan verifikasi (conclusions drawing/ verifying).
    Berdasarkan data yang telah diperoleh, maka hasil penelitian ini menunjukan bahwa partisipasi masyarakat (masyarakat umum & peserta) di Desa Sidomukti dalam pelaksanaan musrenbangdes masih belum maksimal. Hal ini disebabkan karena berbagai faktor, diantaranya: pertama, mekanisme penyelenggaraan musrenbangdes yang ada belum sepenuhnya dijalankan dengan baik oleh para aktor-aktor yang terlibat. Kedua, terjadinya dominasi elit desa yang dianggap telah mampu menjadi perwakilan dari seluruh masyarakat di Desa Sidomukti. Ketiga, kurangnya pemahaman dari masyarakat dan rendahnya tingkat pengetahuan masyarakat di Desa Sidomukti. Dan terkahir, karena tidak adanya skala prioritas dalam penetapan daftar usulan prioritas yang kemudian menyebabkan proyek pembangunan yang ada masih belum sesuai dengan urgensi yang ada.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Anthonius Margono, M.Si dan Dr. Cathas Teguh Prakoso, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2017
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejurnal

Loading

Print Friendly, PDF & Email