PESAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA SEKOLAH DALAM SERIAL FILM ANIMASI UPIN&IPIN EPISODE “IQRA” (Imam Subadi)

May 24, 2017
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: May 24, 2017 @ 8:16 PM
IP: 125.167.220.170

  • 1. Title [Judul]: PESAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA SEKOLAH DALAM SERIAL FILM ANIMASI UPIN&IPIN EPISODE “IQRA”
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Imam Subadi
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Semiotika, Film, Pendidikan Karakter Anak, Belajar Kognitif
  • 4. Description [Abstrak] : Untuk mengetahui, menjelaskan, dan menganalisis Pesan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Sekolah Dalam Serial Film Animasi Upin&Ipin Episode “Iqra”.
    Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif, dimana peneliti ingin mengetahui tentang makna dibalik scene film animasi Upin & Ipin. Analisis semiotika yang digunakan dalam penelitian ini pada dasarnya bersifat kualitatif interpretatif, maka peneliti memfokuskan pada tanda-tanda dalam film animasi Upin & Ipin yang berhubungan dengan pendidikan karakter.
    Berdasarkan dari berbagai konsep-konsep yang digunakan, maka definisi konsepsional tentang “Pesan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Sekolah dalam Serial film animasi “Upin & Ipin” yang akan dibatasi hanya pada episode “Iqra” adalah pesan pendidikan karakter Religius, Toleransi, dan Tanggung jawab yang dilihat dari serial film animasi Upin & Ipin episode “Iqra” melalui tanda Denotasi dan Konotasi dalam rangka pembelajaran pendidikan karakter.
    Hasil Penelitian Pesan Pendidikan Karakter pada Anak Usia Sekolah dalam serial film Animasi Upin & Ipin Episode Iqra setelah diteliti dengan menggunakan model semiotika rolang barthes secara Denotasi dan konotasi. serta diperkuat dengan teori belajar kognitif dimana hasil dari makna-makna tadi dimasukan kedalam tahap pembelajaran kognitif yaitu Asimilasi, Akomodasi dan Equilibrasi maka dalam animasi Upin&Ipin Episode Iqra memiliki setidaknya tiga pesan pendidikan karakter yang dapat diajarkan kepada anak-anak usia sekolah yaitu pesan pendidikan karakter tanggung jawab. Yang ke dua adalah pesan pendidikan Toleransi. Yang ke tiga adalah pesan pendidikan religius.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. H. Abdullah Karim, M.S dan Hikmah, S.Sos, M.A
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 24 Mei 2017
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email