PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT. KALTIM NITRATE INDONESIA (Juniansyah)

August 9, 2017
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Aug 9, 2017 @ 6:50 PM
IP: 36.74.230.97

  • 1. Title [Judul]: PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT. KALTIM NITRATE INDONESIA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Juniansyah
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Corporate Social Responsibility (CSR), Pemberdayaan Masyarakat, Konsep Triple Bo
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan perusahaan dalam memberdayakan komunitas atau masyarakat disekitar wilayah operasional perusahaan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) dan manfaat yang diterima masyarakat.
    Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Fokus dalam penelitian ini yaitu; (1) Kemandirian, (2) Kesejahteraan, (3) Lingkungan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah yang dikemukakan oleh Mathew B. Miles dan Michael Huberman (1992:15-20), data kualitatif menggunakan analisis data model interaktif yang terdiri atas empat komponen, yaitu Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan.
    Hasil penelitian ini menunjukan bahwa program-program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Kaltim Nitrate Indonesia menitik beratkan pada tiga pilar tujuan visi misi perusahaan yaitu Kemandirian, Kesejahteraan, dan Lingkungan sesuai dengan konsep triple bottom line juga konsep pemberdayaan. Pemberdayaan masyarakat (Community Empowerment) pada intinya adalah membantu klien (pihak yang diberdayakan) untuk memperoleh daya guna mengambil keputusan dan menentukan tindakan yang akan ia lakukan tentang diri mereka, termasuk mengurangi efek hambatan pribadi dan sosial melalui peningkatan kemampuan dan rasa percaya diri untuk menggunakan daya yang dimilikinya antara lain melalui transfer daya lingkungan.
    Dalam hal ini peneliti memaparkan berdasarkan 3 konsep triple bottom line menurut John Elkington. Konsep itulah yang penulis gunakan untuk mendeskripsikan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh PT. Kaltim Nitrate Indonesia. Dari hasil penelitian PT. Kaltim Nitrate Indonesia membantu masyarakat melalui program-program yang mereka buat dengan tujuan untuk memberdayakan masyarakat sekitar perusahaan berproduksi.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Endang Erawan, M.Si dan Hj. Hairunnisa, S.Sos. MM
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 09 Agustus 2017
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email