EVALUASI PROGRAM RELOKASI PERMUKIMAN PENDUDUK DI BANTARAN SUNGAI KARANG MUMUS OLEH DINAS PERUMAHAN DAN PERMUKIMAN KOTA SAMARINDA (STUDI PADA BANTARAN SUNGAI KARANG MUMUS KELURAHAN TEMINDUNG PERMAI) (Ryan Hardi Wijaya)

August 17, 2017
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Aug 17, 2017 @ 1:33 PM
IP: 36.82.209.31

  • 1. Title [Judul]: EVALUASI PROGRAM RELOKASI PERMUKIMAN PENDUDUK DI BANTARAN SUNGAI KARANG MUMUS OLEH DINAS PERUMAHAN DAN PERMUKIMAN KOTA SAMARINDA (STUDI PADA BANTARAN SUNGAI KARANG MUMUS KELURAHAN TEMINDUNG PERMAI)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Ryan Hardi Wijaya
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Evaluasi Program, Relokasi, Permukiman Pendudk
  • 4. Description [Abstrak] : “Evaluasi Program Relokasi Permukiman Penduduk Di Bantaran Sungai Karang Mumus Oleh Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Samarinda (Studi Pada Bantaran Sungai Karang Mumus Kelurahan Temindung Permai)”. Program Studi Ilmu Administrasi Jurusan Administrasi Negara, skripsi S1 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman, dibawah bimbingan Bapak Dr.H.Syahrani,M.Si dan Dr. Santi Rande. M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan Evaluasi Program Relokasi Permukiman Penduduk Di Bantaran Sungai Karang Mumus Oleh Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Samarinda (Studi Pada Bantaran Sungai Karang Mumus Kelurahan Temindung Permai) dan untuk mengindentifikasi faktor pendukung dan penghambat. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa, Penanganan Program ini belum terealisasikan secara tuntas sesuai yang diharapkan. Terhitung sejak dicanangkannya kegiatan program kali bersih (PROKASIH) pada tahun 1989 dan sebagai tindak lanjut banjir besar yang terjadi di Kota Samarinda Pada tahun 1998 yang melumpuhkan aktifitas di Kota Samarinda Permukiman Kumuh di Bantaran Sungai Karang Mumus yang menghambat aliran sungai dan mengacu kepada berdasarkan acuan dari Menteri Pekerjaan Umum Nomor 63/PRT/1993 tentang garis sempadan sungai dan himbauan dari Walikota Samarinda tentang pembongkaran permukiman kumuh di bantaran sungai Karang Mumus hingga saat ini belum terelisasi secara keseluruhan sesuai yang diharapkan. Terhitung masih banyaknya bangunan yang berdiri di Bantaran Sungai Karang Mumus. Dalam Penanganan program ini ditemukan beberapa kendala diantaranya Penyediaan dana penyelesaian dampak sosial (santunan bongkar), Penyediaan rumah beserta beberapa fasilitas penunjangnya untuk warga eks relokasi masih kurang, terdapat beberapa bangunan yang belum dibongkar karena tempat pengganti atau lahannya belum ada kalaupun ada biaya pembebasan lahannya pun sangat mahal, proses sertifikasi lahan diperumahan eks relokasi SKM yang belum selesai, dan aturan hukum yang baru yang mengatur tentang hibah.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr.H.Syahrani,M.Si dan Dr.Santi Rande,M.Si.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2017
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejurnal

Loading

Print Friendly, PDF & Email