MOTIF PENGGUNAAN “MEME” DALAM APLIKASI BLACKBERRY MESSENGER (BBM) PADA MAHASISWA ILMU KOMUNKASI UNIVERSITAS MULAWARMAN (Hendri Sujatmiko )

September 4, 2017
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Sep 4, 2017 @ 4:04 PM
IP: 180.248.100.250

  • 1. Title [Judul]: MOTIF PENGGUNAAN “MEME” DALAM APLIKASI BLACKBERRY MESSENGER (BBM) PADA MAHASISWA ILMU KOMUNKASI UNIVERSITAS MULAWARMAN
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Hendri Sujatmiko
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Motif, meme, Blackberry Messenger, Uses and gratification, interaksi simbolik
  • 4. Description [Abstrak] : Hendri Sujatmiko, Motif Penggunaan Meme dalam aplikasi pesan instan Blackberry Messenger pada mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman Samarinda dibawah bimbingan Ibu Dra. Rosa Anggraeiny, M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Drs. Ghufron, M.Si selaku Pembimbing II.
    Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan motif apa yang mendasari Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman Samarinda dalam menggunakan Meme pada aplikasi Blacberry Messenger. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan wawancara langsung serta data sekunder menggunakan artikel, sumber tertulis terutama sumber online yang relevan.
    Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan atau mendeskripsikan objek yang diteliti berdasarkan fakta yang ada dilapangan (Sugiyono, 2006:212). Menggunakan analisis data dengan metode Miles dan Huberman yaitu analisis data yang diawali dengan proses pengumpulan, reduksi dan penyajian data serta penarikan kesimpulan.
    Dari hasil penyajian data yang diperoleh dan penguraian pada pembahasan penelitian ini, diketahui bahwa Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman Samarinda menggunakan gambar Meme dalam aplikasi Blackberry Messenger dipengaruhi oleh beberapa motif yaitu motif informasi, motif identitas pribadi, motif integrasi dan interaksi sosial dan motif hiburan. Dari berbagai motif mempengaruhi Mahasiswa menggunakan gambar Meme dalam aplikasi Blackberry Messenger.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dra. Rosa Anggraeiny, M.Si dan Drs. Ghufron, M.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 04 September 2017
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email