PERAN HUMAS DAN KERJASAMA DEWAN KERAJINAN NASIONAL DAERAH KOTA SAMARINDA DALAM MEMPROMOSIKAN SARUNG TENUN SAMARINDA (Yuliati Asmi)

October 11, 2017
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Oct 11, 2017 @ 11:38 AM
IP: 125.160.36.18

  • 1. Title [Judul]: PERAN HUMAS DAN KERJASAMA DEWAN KERAJINAN NASIONAL DAERAH KOTA SAMARINDA DALAM MEMPROMOSIKAN SARUNG TENUN SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Yuliati Asmi
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Humas, Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Samarinda, Promosi Sarung Tenun Sama
  • 4. Description [Abstrak] : Yuliati Asmi, Peran Humas dan Kerjasama Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Samarinda Dalam Mempromosikan Sarung Tenun Samarinda, dibawah bimbingan Bapak Adietya Arie Hetami, S.Sos, M.AB selaku pembimbing I dan Bapak H. Muhammad Faisal, M.Si selaku pembimbing II.

    Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Peran Humas dan Kerjasama Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Samarinda Dalam Mempromosikan Sarung Tenun Samarinda.

    Jenis penelitian adalah penelitian Deskriptif Kualitatif yang bersifat menggambarkan dan melukiskan objek yang diteliti berdasarkan fakta yang ada dilapangan. Teknik pengumpulan datamenggunakan observasi, wawancara, metode dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data yang digunakan adalah pendekatan kualitatif model interaktif yaitu terdiri dari tiga hal utama yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulansebagai sesuatu yang jalin-menjalin pada saat sebelum, selama dan sesudah pengumpulan data dalam bentuk sejajar, untuk membangun wawasan umum yang disebut analisis. Adapun sumber dan jenis data untuk menentukan informan menggunakan teknik purposive sampling.

    Hasil penelitian dari berdasarkan analisis data, bahwa Peran Humas dan Kerjasama Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Samarinda Dalam Mempromosikan Sarung Tenun Samarinda telah menjalankan tugasnya sebagai Fasilitator Komunikasi yang didalamnya telah melakukan upya-upaya agar dapat melestarikan Sarung Tenun Samarinda. Adapun hambatan dalam mempromosikan Sarung Tenun Samarinda tidak mempengaruhi semangat dalam melestarikan budaya warisan Tak Benda Indonesia, karena diyakini dengan adanya promosi tersebut dapat membantu untuk mempertahankan Sarung Tenun Samarinda.

  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Adietya Arie Hetami, S.Sos, M.AB, H. Muhammad Faisal, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2017
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejurnal

Loading

Print Friendly, PDF & Email