UPAYA KOMUNIKASI INTERNAL DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI RUMAH SAKIT JIWA DAERAH ATMA HUSADA MAHAKAM (MARTHA HASUGIAN )

October 13, 2017
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Oct 13, 2017 @ 7:35 PM
IP: 180.248.95.49

  • 1. Title [Judul]: UPAYA KOMUNIKASI INTERNAL DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI RUMAH SAKIT JIWA DAERAH ATMA HUSADA MAHAKAM
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: MARTHA HASUGIAN
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Upaya Komunikasi, Komunikasi Internal, Pegawai, Kinerja
  • 4. Description [Abstrak] : Martha Hasugian, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Upaya Komunikasi Internal dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Ruamh Sakit JIwa Daerah Atma Husada Mahakam, di bawah bimbingan Hj. Hairunnisa, S.Sos., MM danKheyene Molakandella Boer, S.I.Kom., M.I.Kom.
    Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui, memahami serta menganalisis bagaimana upaya komunikasi internal dalam meningkatkan kinerja pegawai Rumah Sakit Jiwa Daerah Atma Husada Mahakam. Fokus penelitian ini adalah dimensi komunikasi internal Rumah Sakit Jiwa Daerah Atma Husada Mahakam yaitu komunikasi vertikal, komunikasi horizontal dan komunikasi diagonal.
    Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kualitatif dengan model analisis interaktif yang terdiri dari empat alur yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
    Data dikumpulkan melalui buku-buku teks, referensi yang ada hubungannya dengan penulisan ini, observasi, wawancara dan penelitian lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah komunikasi internal dalam dimensi vertikal yang terjadi di rumah sakit adalah komunikasi yang berjenjang dan tersistem sehingga membuat keterbukaan menjadi kurang, penyampaian ide dan gagasan untuk memajukan kinerja pegawai menjadi terhambat di karenakan harus melewati proses yang panjang. Dalam penerapan komunikasi horizontal program-program komunikasi internal dalam upaya meningkatkan kinerja pegawai Rumah Sakit Jiwa Daerah Atma Husada Mahakam belum diterapkan secara maksimal seperti kurangnya waktu dan tempat yang tersedia untuk berdiskusi antar pegawai, saling berbagi informasi dan saling mendukung antar pegawai. Dan komunikasi diagonal di rumah sakit masih jarang terjadi karena rumah sakit menerapkan komunikasi berjenjang, sehingga komunikasi diagonal terjadi hanya bila ada masalah yang kompleks dan membutuhkan pimpinan dalam menyelesaikan masalah tersebut.

  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Hj. Hairunnisa, S.Sos., MM dan Kheyene Molakandella Boer, S.I.Kom., M.I.Kom.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 13 Oktober 2017
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email