PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS SEMPAJA KECAMATAN SAMARINDA UTARA (Studi Implementasi Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 741/ Menkes/ Per/VII/2008 Tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan di Kabupaten/Kota) (David Benyamin) (David Benyami)

May 26, 2013
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Benyamin, David
On: May 26, 2013 @ 10:47 PM
IP: 180.248.92.6

  • 1. Title [Judul]: PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS SEMPAJA KECAMATAN SAMARINDA UTARA (Studi Implementasi Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 741/ Menkes/ Per/VII/2008 Tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan di Kabupaten/Kota) (David Benyamin)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: David Benyami
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: pelayanan, kesehatan, masyarakat
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pelayanan kesehatan masyarakat pada Puskesmas Sempaja Kecamatan Samarinda Utara. Serta mengambarkan dan mendeskrifsikan pelaksanaan pelayanan kesehatan masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Diskriptif kualitatif pengumpulan data diperoleh dalam bentuk data primer, data diperoleh secara langsung dari narasumber (informan). Dalam penetuan informan peneliti menggunakan insidental sampling yaitu masyarakat yang mendapatkan pelayanan kesehatan. Keyinforman menggunakan teknik purposive sampling dimana informasi atau data yang dikumpulkan dengan memilih informan yang dianggap berkompeten untuk menjadi sumber data, diantaranya Kepala Puskesmas Sempaja dan Staf sebagai informan pelengkap.
    Fokus penelitian meliputi : 1. Kesederhanaan/Prosedur pelayanan yang terdiri dari a. Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), b. Pelayanan Keluarga Berencana (KB), c. Penyuluhan Kesehatan Masyarakat 2. Keramah-tamahan petugas dalam memberikan pelayanan, 3. Kepastian dan tepat waktu, 4. Responsivitas,
    Dari hasil penelitian dapat di ketahui bahwa beberapa pelayanan sudah berjalan sebagaimana mestinya, namun masih terdapat beberapa kendala yang di hadapi, yaitu masih ada beberapa petugas pelayanan kesehatan yang kurang ramah tamah, serta kedisiplinannya dalam memberikan pelayanan, jumlah pegawai kesehatan yang kurang jika dibandingkan dengan banyaknya pasien yang selalu bertambah sehingga pelayanan yang diberikan tidak maksimal, lokasi puskesmas yang rawan dari banjir sehingga pelayanan yang di berikan puskesmas kepada pengunjung dan pengguna jasa layanan puskesmas masih belum terwujud dengan baik seperti yang di harapkan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Djumadi, M.Si, Enos Paselle S.Sos., M.AP
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2013
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: ejournal artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email