KONSTRUKSI MEDIA PADA KEBIJAKAN AMNESTI PAJAK (ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN DI SURAT KABAR KALTIM POST DAN TRIBUN KALTIM PERIODE JULI-SEPTEMBER 2016) (Nur Ramadhina Andryani)

November 10, 2017
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Nov 10, 2017 @ 10:29 AM
IP: 112.215.237.186

  • 1. Title [Judul]: KONSTRUKSI MEDIA PADA KEBIJAKAN AMNESTI PAJAK (ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN DI SURAT KABAR KALTIM POST DAN TRIBUN KALTIM PERIODE JULI-SEPTEMBER 2016)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Nur Ramadhina Andryani
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Amnesti Pajak, Framing, Kontruksi, Kaltim Post dan Tribun Kaltim
  • 4. Description [Abstrak] : Nur Ramadhina Andryani, 1302055034, Konstruksi Media Pada Kebijakan Amnesti Pajak (Analisis Framing Pemberitaan di Surat Kabar Kaltim Post dan Tribun Kaltim periode Juli-September 2016) dibawah bimbingan Ibu Drs. Lisbet Situmorang, M.Si selaku pembimbing I dan Kadek Dristiana Dwivayani, S.Sos, M.Med.Kom selaku pembimbing II.
    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keinginan peneliti untuk mengetahui perbedaan konstruksi media pada pemberitaan Kebijakan Amnesti Pajak khususnya mengenai perolehan dana tebusan periode pertama yang dikemas oleh surat kabar Kaltim Post dan Tribun Kaltim periode Juli-September 2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis konstruksi media pada pemberitaan kebijakan Amnesti Pajak di surat kabar Kaltim Post dan Tribun Kaltim periode Juli-September 2016 menggunakan perangkat framing Pan dan Kosicki. Melalui perangkat tersebut dapat diketahui realitas seperti apa yang di konstruksi oleh media dalam menuliskan pemberitaan mengenai Perolehan dana tebusan Amnesti Pajak periode pertama. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif deskriptif dikarenakan jenis penelitian ini berusaha menggambarkan, meringkas berbagai kondisi, situasi, atau fenomena realitas sosial dalam masyarakat yang menjadi objek penelitian.
    Dari hasil penelitian konstruksi media pada pemberitaan Kebijakan Amnesti Pajak periode Juli-September 2016 yaitu dengan mengaplikasikan perangkat Framing Pan dan Kosicki Kaltim Post dan Tribun Kaltim menunjukan ada realitas yang ingin dikonstrusikan serta disembunyikan. Kaltim Post cukup berani memaparkan sisi lain dari Kebijakan Amnesti Pajak serta berusaha membangun realitas yang sebenarnya yang tetap berujung kepada keberpihakan semu pada masyarakat. Pada Tribun Kaltim lebih condong untuk mengkonstrusikan berita dengan menampilkan sisi netral dan menyembunyikan isu yang terkesan negatif dengan tidak memberikan penonjolan pada berita yang menjadikannya dominan keberpihakan pada kapitalis.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Lisbet Situmorang, M.Si dan Kadek Dristiana Dwivayani, S.Sos, M.Med.Kom
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 10 November 2017
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejournal Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email