PERAN HUMAS PT PLN (PERSERO) AREA SAMARINDA DALAM PROGRAM HEMAT LISTRIK DI KOTA SAMARINDA (Khairiyah Wahyuningrum)

December 29, 2017
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Dec 29, 2017 @ 3:15 PM
IP: 36.82.199.79

  • 1. Title [Judul]: PERAN HUMAS PT PLN (PERSERO) AREA SAMARINDA DALAM PROGRAM HEMAT LISTRIK DI KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Khairiyah Wahyuningrum
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Peran, Humas, Hemat listrik
  • 4. Description [Abstrak] : Khairiyah Wahyuningrum, Peran Humas PT PLN (Persero) Area Samarinda dalam Program Hemat listrik di Kota Samarinda, Di bawah bimbingan Chairul Aftah, S. IP, MIA dan Nurliah, S.Sos, M.Ikom
    Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Peran humas PT PLN (Persero) Area Samarinda dalam Program Hemat listrik di Kota Samarinda.
    Penelitian ini termasuk studi deskriptif kualitatif dan data primer diperoleh melalui wawancara kepada 2 orang key informan inti yaitu Kepala Humas PT. PLN (Persero) Area Samarinda serta staf humasPLN.
    Hasil penelitian diperoleh gambaran yaitu peran Humas sebagai penasehat ahli adalah turut serta memberikan nasehat kepada perusahaan bila terjadi masalah atau sedang membuat kebijakan baru yang berhubungan dengan khalayak. Sebagai fasilitator komunikasi telah menjelaskan bahwa semaksimal mungkin memberikan pemahaman kepada masyarakat dengan adanya pertemuan yang dilakukan setiap hari kerja kepada pelanggan mengenai hemat listrik ini, Peranan sebagai fasilitator proses pemecah masalah sudah merespon dengan cepat terhadap masalah yang terjadi di PLN Peranannya sebagai teknisi komunikasi dalam menyebarluaskan informasi hemat listrik maka PT. PLN (Persero) juga menggunakan media komunikasi sebagai alat bantu dalam menyampaiakan informasi hemat listrik kepada pelanggan.
    Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa menjalankan perannya dengan memberikan nasehat berdasarkan kasus atau kejadian yang terjadi sebelumnya. Humas membantu menyelesaikan permasalahan yang pernah dialami oleh PT PLN (Persero), humas juga ikut berpartisipasi dalam menjalankan kegiatan hemat listrik serta jika terjadi suatu masalah dalam kegiatan tersebut humas pasti dilibatkan dari awal sampai masalah tersebut selesai.

  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Chairul Aftah, S. IP, MIA dan Nurliah, S.Sos, M.Ikom
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 29 Desember 2017
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artike;

Loading

Print Friendly, PDF & Email