Dampak Industri Batubara Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat Disekitar Desa Jembayan Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara (Siska)

June 3, 2013
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: S.Sos, Siska
On: Jun 3, 2013 @ 11:52 AM
IP: 180.248.93.122

  • 1. Title [Judul]: Dampak Industri Batubara Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat Disekitar Desa Jembayan Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Siska
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Dampak Industri, Analisis Dampak oleh Mursid Raharjo dan Otto Soemarwoto
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini membahas tentang bagaimana dampak industri batubara dilihat dari sosial ekonominya, melihat apakah dampak industri batubara membawa pengaruh terhadap pola perkembangan penduduk, perkembangan ekonomi, serta perpindahan penduduk. Dan apakah dengan adanya industri batubara membawa dampak terhadap penyerapan tenaga kerja, perubahan lapangan kerja serta peningkatan pendapatan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggambarkan dampak industri batubara terhadap sosial ekonomi pada masyarakat dan untuk mengetahui sejauh mana bentuk-bentuk perubahan sosial masyarakat sebelum dan sesudah adanya industri. Alat analisis yang digunakan adalah analisis dampak dari Mursid Raharjo (2007:122) dan Otto Soemarwoto (2009:183), menghitung dampak dilihat dari Demografi (Kepadatan penduduk, Prediksi penduduk, Rasio Beban Tanggungan), Ketenagakerjaan (Tingkat partisipasi kerja, Tingkat pengangguran, Pendapatan : Menghitung pendapatan untuk melihat dampak peningkatan pendapatan, Pendapatan perkapita). Kesimpulan dari hasil penelitian adalah bahwa industri batubara positif membawa dampak terhadap pola perkembangan penduduk, pola perpindahan penduduk, pola perkembangan ekonomi, peningkatan pendapatan dan perubahan lapangan kerja. Dan negatif berdampak terhadap penyerapan tenaga kerja dan berkembangnya struktur ekonomi. Saran yang paling penting menurut penulis perlu adanya peningkatan SDM di Desa Jembayan berupa bantuan pendidikan, pelatihan pemberdayaan masyarakat setempat sehingga bisa bersaing dengan masyarakat pendatang.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2013
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email