IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENERTIBAN DAN PENANGGULANGAN PENGEMIS, ANAK JALANAN DAN GELANDANGAN OLEH SATUAN POLISI PAMONG PRAJA KOTA SAMARINDA (Desi Alfiani )

February 13, 2018
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Feb 13, 2018 @ 3:01 PM
IP: 180.248.95.239

  • 1. Title [Judul]: IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENERTIBAN DAN PENANGGULANGAN PENGEMIS, ANAK JALANAN DAN GELANDANGAN OLEH SATUAN POLISI PAMONG PRAJA KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Desi Alfiani
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Implementasi, Penertiban dan Penanggulangan, Anjal dan gepeng.
  • 4. Description [Abstrak] : Desi Alfiani. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman dengan judul Implementasi Kebijakan Penertiban dan Penanggulangan Pengemius Anak Jalanan dan Gelandangan oleh Satuan Polisi Pamong Praja Kota Samarinda, di bawah bimbingan Drs. Endang Erawan, M.Si selaku pembimbing I dan Dini Zulfiani, S.Sos.M.Si selaku pembimbing II.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Penertiban dan Penanggulangan Pengemis Anak Jalanan dan Gelandangan di Kota samarinda ditangani oleh Satuan Polisi Pamong Praja Kota Samarinda, dengan fokus penelitian yang meliputi Pelaksanaaan razia, Pemberian sanksi, Penampungan pengemis anak jalanan dan gelandangan, Pembinaan mental baik rohani maupun jasmaninya dan keterampilan, Pemulangan ke daerah asal. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan penelitian kepustakaan (Library Research) dan penelitian lapangan (Field Work Research) yaitu observasi wawancara (interview) Langsung dengan Key Informan, Informan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah analisis data Model Interaktif Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Kebijakan Penertiban dan Penanggulangan Pengemis Anak Jalanan dan Gelandangan oleh Satuam Polisi Pamong Praja Kota Samarinda belum berjalanan dengan maksimal. Walaupun pelaksanaan razia telah rutin di laksanakan oleh Satuan Polisi Pamong Praja, keberadaan Pengemis Anak Jalanan dan Gelandangan di Kota Samarinda masih saja terus ada terutama pada hari-hari besar dan Idul fitri keberadaan mereka semakin bertambah setiap harinya, hal tersebut karena pemberian sanksi yang di berikan tidak menimbulkan efek jera. Selain itu kendala yang di hadapi dalam penertiban dan penanggulangan Pengemis Anak Jalanan dan Gelandangan di Kota Samarinda adalah anggaran dari pemerintah Kota Samarinda serta adanya dukungan dari masyarakat dan koordinir sehingga pengemis anak jalanan dan gelandangan menjadikan kebiasaan kembali untuk meminta-minta belaskasihan di jalanan atau tempat umum.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Endang Erawan, M.Si dan Dini Zulfiani, S.Sos., M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2018
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejurnal

745 total views, 5 views today