IMPLEMENTASI PERATURAN WALIKOTA SAMARINDA NOMOR 51 TAHUN 2012 TENTANG KAWASAN TANPA ROKOK (Studi Di Taman Cerdas Kota Samarinda) (Eki Sari Widyaningtyas)

February 15, 2018
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Feb 15, 2018 @ 1:00 PM
IP: 36.75.40.8

  • 1. Title [Judul]: IMPLEMENTASI PERATURAN WALIKOTA SAMARINDA NOMOR 51 TAHUN 2012 TENTANG KAWASAN TANPA ROKOK (Studi Di Taman Cerdas Kota Samarinda)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Eki Sari Widyaningtyas
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Implementasi Kebijakan, Kawasan Tanpa Rokok, Perwali
  • 4. Description [Abstrak] : Rokok merupakan suatu produk dari tembakau yang mengandung empat ribu zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan. Kawasan tanpa rokok merupakan upaya perlindungan untuk masyarakat terhadap risiko ancaman gangguan kesehatan karna lingkungan tercemar asap rokok. KTR merupakan tanggung jawab seluruh komponen bangsa, baik individu, masyarakat, parlemen, maupun pemerintah untuk melindungi generasi sekarang maupun yang akan datang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Peraturan Walikota Samarinda Nomor 51 Tahun 2012 tentang Kawasan Tanpa Rokok (Studi di Taman Cerdas Kota Samarinda) dengan indikator komunikasi, sumberdaya, disposisi dan struktur birokrasi serta faktor-faktor yang menghambat dalam Implementasi Peraturan Walikota Samarinda Nomor 51 Tahun 2012 tentang Kawasan Tanpa Rokok (Studi di Taman Cerdas Kota Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumenter. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Implementasi Peraturan Walikota Samarinda Nomor 51 Tahun 2012 tentang Kawasan Tanpa Rokok (Studi di Taman Cerdas Kota Samarinda) belum berjalan maksimal hal ini terlihat dari kurangnya komunikasi antar pelaksana kebijakan dan juga sosialisasi kepada masyarakat selaku sasaran kebijakan, kurangnya sumberdaya yang dimiliki seperti tidak tersedianya anggaran dan sumberdaya pendukung lainnya yakni berupa tanda larangan merokok maupun plang dan spanduk, kurangnya komitmen dalam melaksanakan kebijakan dan tidak adanya pedoman pelaksanaan kebijakan yaitu Standar Operasional Prosedur, serta faktor-faktor penghambat lainnya seperti faktor kurangnya kesadaran masyarakat, faktor kurang rinci nya isi kebijakan peraturan Walikota tetang KTR, serta faktor kurangnya pengawasan yang dilakukan guna melaksanakan peraturan tentang KTR.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. H. Syahrani M.Si dan Dr. Chatas Tegus Prakoso, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2018
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejurnal

Loading

Print Friendly, PDF & Email