STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DINAS PARIWISATA KOTA SAMARINDA DALAM MEMPROMOSIKAN SARUNG TENUN SAMARINDA (Adi Putra Pratama)

February 16, 2018
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Feb 16, 2018 @ 6:43 PM
IP: 36.75.36.188

  • 1. Title [Judul]: STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DINAS PARIWISATA KOTA SAMARINDA DALAM MEMPROMOSIKAN SARUNG TENUN SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Adi Putra Pratama
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Strategi komunikasi, promosi, sarung samarinda, dinas pariwisata, IMC
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Dinas Pariwisata Kota Samarinda Dalam Mempromosikan Sarung Tenun Samarinda. Pengumpulan data dilakukan melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yang meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini adalah Kepala Dinas Pariwisata Kota Samarinda. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan pengambilan data menggunakan teknik Purposive sampling. Fokus penelitian ini adalah 5 metode komunikasi pemasaran terpadu (Intergrated Marketing Communication) yaitu metode periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, pemasaran langsung dan penjualan personal. Hasil penelitian ini menunjukan kelima metode ini sangat berperan penting dalam strategi yang dilakukan Dinas Pariwisata Kota Samarinda dalam Mempromosikan Sarung Tenun Samarinda. Kelima hasil tersebut adalah Periklanan yakni Dinas Pariwisata menggunakan media luar ruang seperti baliho, spanduk, billboard yang dipasang di jalan-jalan protokol. Promosi penjualan yakni melalui serangkaian pagelaran event pariwisata dan promosi di daerah lain. Hubungan masyarakat juga dapat dilihat dari pemilihan duta wisata Kalimantan timur yang akan mempromosikan Sarung Samarinda baik tingkat lokal maupun nasional. Pemasaran Langsung yakni Dinas pariwisata berusaha untuk terus melakukan pendekatan-pendekatan dengan pemrakarsa acara dan pagelaran event. Penjualan Personal yakni Dinas Pariwisata memberikan pendampingan mengenai penjualan personal melalui media sosial dan Setiap pagelaran event disediakan booth khusus untuk berjualan sarung Samarinda.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Silviana Purwanti, Sarwo Edy Wibowo
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 16 Februari 2018
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

Loading

Print Friendly, PDF & Email