STRATEGI MEDIA PROMOSI DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN DAYA TARIK WISATA RUMAH ULIN ARYA (Noor Fathul Jannah )

February 22, 2018
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Feb 22, 2018 @ 6:08 PM
IP: 180.248.97.52

  • 1. Title [Judul]: STRATEGI MEDIA PROMOSI DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN DAYA TARIK WISATA RUMAH ULIN ARYA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Noor Fathul Jannah
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Strategi 3A, Media Promosi, Daya Tarik Wisata, Rumah Ulin Arya
  • 4. Description [Abstrak] : Noor Fathul Jannah, Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman 2013. Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Kunjungan Daya Tarik Wisata Rumah Ulin Arya, dibawah bimbingan Bapak Drs. Sugandi, M.Si selaku Dosen pembimbing pertama, dan Bapak Fareis Althalets, S.Par., M.M.Par selaku Dosen pembimbing kedua.
    Penelitian ini bertujuan untuk memahami Strategi Promosi Rumah Ulin Arya dalam Meningkatkan Kunjungan Daya Tarik Wisata, serta mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat Strategi Promosi Rumah Ulin Arya dalam Meningkatkan Kunjungan Daya Tarik Wisata, karena terdapat kekurangan dan kelebihan dalam melakukan strategi promosi yang mendukung ataupun tidak tersebut mendukung hasil promosi tersebut. Metode penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif. Menggunakan 5 orang informan sebagai sumber memperoleh data, dengan menggunakan teknik sampling purposive sampling.
    Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif Model Interaktif Matthew B. Miles dan A. Michael Huberman. Hasil yang di dapat dari penelitian ini adalah bahwa Rumah Ulin Arya melakukan beberapa hal untuk mendukung promosi kepada wisata asing dan wisata domestik dalam meningkatkan kunjungan daya tarik wisata, tahapan ini melalui Strategi 3A yang merupakan Attraction, Amenities, Accessbility, serta dengan menggunakan Media Lini Atas (Above The Line) yang merupakan Media Cetak (Surat Kabar), Media Elektronik (Televisi, Radio, Web, Sosial Media) dan Media Lini Bawah (Below The Line) yaitu Pameran Dan Point Of Purchase (Brosur, Booklet, Leaflet). Faktor pendukungnya yaitu dengan menggunakan media massa dapat menyebarkan informasi, kerjasama dengan Dinas Pariwisata Kota Samarinda dan segala kegiatan di Rumah Ulin Arya kepada masyarakat secara langsung. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu minimnya jangkauan jaringan internet yang berada pada daerah sekitar obyek wisata Rumah Ulin Arya sehingga menyebabkan keterbatasan dalam media publikasi yang digunakan seperti penggunaan media sosial dan web organisasi.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Sugandi, M.Si dan Fareis Althalets, S.Par., M.M.Par
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 22 Februari 2018
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Open document

Loading

Print Friendly, PDF & Email