Dampak Pemekaran Kabupaten mahakam Ulu Terhadap Pelestarian Budaya Dayak Bahau (Studi Kasus di Kampung Ujoh Bilang Kecamatan Long Bagun) (Vincensius Tingang R.)

March 5, 2018
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Tingang, Vincensius
On: Mar 5, 2018 @ 12:59 PM
IP: 192.168.10.110

  • 1. Title [Judul]: Dampak Pemekaran Kabupaten mahakam Ulu Terhadap Pelestarian Budaya Dayak Bahau (Studi Kasus di Kampung Ujoh Bilang Kecamatan Long Bagun)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Vincensius Tingang R.
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: budaya adat, pelestarian, nilai
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini dilatar belakangi oleh Nilai-nilai Budaya yang merupakan identitas Bangsa yang harus di Hormati dan dijaga serta dilestarikan agar Kebudayaan kita tidak hilang dan bisa menjadi warisan anak cucu kita kelak. Penelitian ini dilakukan dalam rangka untuk mengetahui dan menganalisis Dampak Pemekaran Kabupaten Mahakam Ulu Terhadap Pelestarian Budaya Dayak Bahau(Studi Kasus di Kampung Ujoh Bilang Kec.Long Bagun). Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Kantor Dinas Kebudayaan Kabupaten Mahakam Ulu Serta Masyarakatnya sudah cukup baik Dalam Melestarikan Budaya Dayak Bahau, akan tetapi Upaya Pelestarian Setelah Adanya Pemekaran Kabupaten Mahakam Ulu Nilai Budaya Adat yang ada di Kampung Ujoh Bilang Harus di kembangkan lagi Sehinga Sudah benar-benar dapat menjadi Potensi Bagi Kabupaten Mahakam Ulu Karna Pemerintah Berupaya Memfasilitasi. Kebudayaan Kabupaten mahakam Ulu untuk melestarikan Sangar Seni yang ada di Kampung Uoh Bilang menyediakan angaran Dana Khusus Untuk pengelolaan Sangar seni yang ada di Kampung ujoh Bilang, bukan hanya Kampung ujoh Bilang saja Tetapi Tiap-tiap Kampung Yang ada di Kabupaten Mahakam Ulu yang sudah terbentuk Sangar seni dan menjadi program dari Dinas Kebudayaan, pelestarian sangar seni Dayak Bahau di kabupaten mahakam ulu memberi perubahan yang baik terhadap Nilai Budaya di Mahulu karna memalui sangar seni masy arakat dapat mengembangkan bakat mareka agar berpotensi.Setelah melihat hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Nilai Budaya Adat dan Upaya Pelestarian di Kampung Ujoh Bilang tanpa adanya faktor pendukung dari pihak pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu tidak akan berkembang.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : 1. Drs. Endang Erawan, M.Si 2. Drs. H. Gunthar Riyadi, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2018
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email