Pencitraan Perempuan Pada Iklan Produk Citra (Studi Kasus : Iklan Youtube Iklan Citra Cantik Indonesia dimata Tantri Syalindri) (Galuh Wulandari)

June 4, 2018
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jun 4, 2018 @ 1:40 PM
IP: 36.75.92.200

  • 1. Title [Judul]: Pencitraan Perempuan Pada Iklan Produk Citra (Studi Kasus : Iklan Youtube Iklan Citra Cantik Indonesia dimata Tantri Syalindri)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Galuh Wulandari
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Semiotika, Pencitraan, Perempuan Cantik, Indonesia
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses Pencitraan Perempuan Cantik Indonesia melalui berbagai latar belakang, karakter diri, nilai dan norma yang tertanam di dalam lingkungan keluarga serta kepercayaan yang dianutnya, yang diaktualisasikan dalam kehidupan untuk menjadi perempuan cantik di Indonesia. Melalui penelitian ini akan diketahui proses pencitraan kecantikan perempuan Indonesia melalui iklan produk Citra di Youtube. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif dengan model analisis teori semiotika menurut Ferdinand De Saussure.
    Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, pencitraan kecantikan dalam iklan Citra Cantik Indonesia, tergambarkan makna kecantikan bahwa dalam kehidupan sosial di Indonesia umumnya menilai perempuan dari penampilan fisiknya saja untuk menetapkan standar cantik atau tidaknya seorang perempuan. Tetapi ketika seorang perempuan ingin menunjukkan pesona kecantikannya, maka dirinya harus mampu melawan konsep tersebut dengan membangun karakter diri berdasarkan budaya Indonesia dengan menghargai dan menuruti orang tua, lemah lembut, mencintai dan melayani suami sebagai perempuan dewasa, hingga membangun makna kecantikan dengan nilai-nilai kepercayaan kepada Tuhan, Agama dan harga diri untuk mewujudkan citra cantiknya. Walaupun banyak halangan dan rintangan, perempuan Indonesia harus tetap maju dan menjadi dirinya sendiri untuk mewujudkan kecantikannya sebagai perempuan Indonesia.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Santi Rande, M.Si, Drs. Ghufron, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2018
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJurnal

46 total views, 2 views today