PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PERASARANA DAN SARANA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 015 SAMARINDA (Santrika)

June 9, 2018
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jun 9, 2018 @ 3:24 PM
IP: 36.84.231.35

  • 1. Title [Judul]: PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PERASARANA DAN SARANA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 015 SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Santrika
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Peran, Komite Sekolah, Prasarana dan Sarana
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan Peran Komite Sekolah dalam meningkatkan prasarana dan sarana di Sekolah Dasar Negeri 015 Samarinda serta untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi oleh Komite Sekolah dalam meningkatkan prasarana dan sarana di Sekolah Dasar Negeri 015 Samarinda. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Samarinda Ulu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dengan fokus penelitian yaitu: 1. Peran Komite Sekolah meliputi: Komite Sekolah sebagai pemberi pertimbangan, Komite Sekolah sebagai pendukung, Komite Sekolah sebagai pengontrol, dan Komite Sekolah sebagai mediator; 2. Pengadaan prasarana dan sarana di SD Negeri 015 Samarinda; 3. Faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi oleh Komite Sekolah dalam meningkatkan prasarana dan sarana di Sekolah Dasar Negeri 015 Samarinda. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga cara yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan data sekunder yang berkaitan dengan situasi dan kondisi empiris Peran Komite Sekolah. Analisis data yag digunakan dalam penulisan ini adalah analisis data model interaktif. Berdasarkan analisis kualitatif dapat disimpulkan bahwa Peran Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Prasarana dan Sarana di SD Negeri 015 Samarinda yang dinilai dari ke empat peran Komite Sekolah yaitu; Komite Sekolah sebagai pemberi pertimbangan, pendukung, pengontrol dan mediator secara keseluruhan masih belum optimal. Kemudian terkait kondisi prasarana dan sarana di sekolah ini masih banyak yang membutuhkan perbaikan. Kemudian yang menjadi faktor pendukung bagi Komite Sekolah yaitu; dukungan dari orang tua murid, dan adanya bantuan pendidikan dari pemerintah. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat bagi Komite Sekolah yaitu; kurangnya keaktifan anggota Komite Sekolah karena kesibukan masing-masing anggota, serta lambatnya bantuan diterima.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma, M.Si dan Dr. Bambang Irawan, S.Sos., M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2018
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: ejurnal

28 total views, 1 views today