RUANG PUBLIK VIRTUAL TWITTER PADA AKUN @PemkotBPN SEBAGAI ALAT KONTROL PUBLIK (Nur Annisa Kurniawati)

August 20, 2018
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Aug 20, 2018 @ 1:48 PM
IP: 180.248.95.15

  • 1. Title [Judul]: RUANG PUBLIK VIRTUAL TWITTER PADA AKUN @PemkotBPN SEBAGAI ALAT KONTROL PUBLIK
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Nur Annisa Kurniawati
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Ruang publik, pelayanan publik, kontrol publik, partisipasi publik, demokrasi.
  • 4. Description [Abstrak] : Ruang Publik Virtual Twitter Pada Akun @PemkotBPN Sebagai Alat Kontrol Publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana ruang publik virtual twitter sebagai wadah partisipasi publik dalam menyampaikan pendapat mengenai persoalan-persoalan publik sebagai bentuk dari hak nya sebagai warga negara yang mana merupakan bagian dari proses kontrol publik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui ruang publik virtual Twitter pada akun @PemkotBPN sebagai alat kontrol publik melalui diskursus yang terjadi didalam ruang publik ini.
    Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dikarenakan jenis penelitian kualitatif berusaha menggambarkan dan memaparkan obyek yang diteliti berdasarkan realita. Penggunaaan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dimana teknk pengambilan sumber data dipilih berdasarkan pertimbangan tertentu.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ruang Publik Virtual Twitter Pada Akun @PemkotBPN Sebagai Alat Kontrol Publik diketahui bahwa dengan adanya ruang publik ini sebagai tempat proses berjalannya kontrol publik, melalui ruang publik ini masyarakat secara langsung dapat menyampaikan pendapat baik berupa kritik dan saran mengenai pelayanan publik yang secara tidak langsung masyarakat ikut mengawasi jalannya pemerintahan tidak hanya itu saja dengan adanya ruang publik virtual Twitter ini sebagai bentuk upaya pemerintah dalam meningkatkan citra dan kepercayaan sebagai pelayan publik.

  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Abdullah Karim & Ghufron
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 20 Agustus 2018
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=3573

Loading

Print Friendly, PDF & Email