PERAN KOMUNIKASI ORGANISASI TERHADAP KOMPENSASI DAN MOTIVASI (Studi pada Pegawai Tidak Tetap di Kantor Badan Pertanahan Kota Samarinda) (Putri Dwi Yuliani)

September 10, 2018
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Sep 10, 2018 @ 10:17 AM
IP: 180.248.225.84

  • 1. Title [Judul]: PERAN KOMUNIKASI ORGANISASI TERHADAP KOMPENSASI DAN MOTIVASI (Studi pada Pegawai Tidak Tetap di Kantor Badan Pertanahan Kota Samarinda)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Putri Dwi Yuliani
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: komunikasi, kompensasi, motivasi, pegawai tidak tetap
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana komunikasi organisasi terhadap kompensasi dan motivasi berperan saat jam pemberian jam tambahan diberlakukan pada pegawai tidak tetap di kantor Badan Pertanahan Nasional kota Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian purposive sampling yaitu informan terdiri dari karyawan tidak tetap pada kantor Badan Pertanahan Nasional Kota Samarinda. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan informan, observasi langsung dilapangan serta dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh gambaran yaitu berdasarkan fungsi informatif, karyawan tidak tetap membutuhkan informasi mengenai jam tambahan untuk melaksanakan pekerjaan yang tertunda atau membutuhkan waktu lebih diluar jam reguler untuk dikerjakan. Pemberian jam tambahan di hari minggu dirasa cukup efektif dalam mengurangi pekerjaan di jam reguler dan memudahkan karyawan tidak tetap dalam berkoordinasi baik kepada pimpinan maupun klien, karena pekerjaan lebih cepat selesai. Berdasarkan fungsi persuasif, pimpinan dari kantor Badan Pertanahan Nasional Kota Samarinda lebih banyak memberikan persuasi karyawan tidak tetap daripada memberikan perintah. Persuasi tersebut bisa ditunjukkan melalui kesediaan pimpinan dalam membantu karyawan tidak tetap saat menghadapi kesulitan dalam melaksanakan pekerjaan di jam tambahan di hari minggu. Berdasarkan fungsi integratif, salah satu bentuk dari motivasi adalah pemberian kompensasi yang lebih sehingga gairah karyawan tidak tetap untuk bekerja dapat diraih semaksimal mungkin. Hal ini sesuai dengan seharusnya merujuk pada nilai-nilai yang dapat memberikan motivasi adalah uang, waktu, pencapaian tujuan, kerja sama.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs.Sugandi, M.Si & Hj. Hairunnisa, S.Sos., MM
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 10 September 2018
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: artikel

272 total views, 3 views today