STRATEGI PARTAI DEMOKRAT DALAM PEREKRUTAN ANGGOTA PARTAI DEMOKRAT DI KOTA SAMARINDA (Siti Munawaroh Nugraha , I Ketut Gunawan , Anwar Alaydrus )

October 23, 2018
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Oct 23, 2018 @ 5:26 AM
IP: 36.75.43.152

  • 1. Title [Judul]: STRATEGI PARTAI DEMOKRAT DALAM PEREKRUTAN ANGGOTA PARTAI DEMOKRAT DI KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Siti Munawaroh Nugraha , I Ketut Gunawan , Anwar Alaydrus
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Strategi, partai, politik, rekrutmen, Samarinda
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini memfokuskan diri pada strategi, yakni Partai Demokrat dalam melakukan rekrutmen untuk menambah anggota kadernya baik secara praktis maupun terorganisir. Hal ini didasari oleh fenomena dilapangan mengenai perekrutan anggota partai yang terkadang masih cenderung tertutup dan kurang diketahui oleh masyarakat karna minimnya sosialisasi, membuat banyak kalangan kurang berminat untuk bergabung dengan suatu partai politik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dengan informant, serta dokumen-dokumen yang berkaitan dengan fokus penelitian. Sumber data diperoleh dengan menggunakan teknik purpossive sampling dan snowball sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa DPC Partai Demokrat memiliki dua buah strategi dalam melakukan perekrutan anggota baru di Partai Demokrat Kota Samarinda. Strategi pertama adalah perekrutan melalui Sosial Media seperti di facebook, web yaitu dengan menginformasikan sejumlah kegiatan partai dan perencanaan partai kedepan termasuk rekrutmen yang akan dilakukan. Strategi lainnya adalah perekrutan dengan pertemuan kelompok, yaitu pertemuan langsung dari pengurus partai bersama dengan kelompok masyarakat.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Phil. I Ketut Gunawan, M.A/Dr. Anwar Alaydrus, S.Sos.,M.M
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 23 Oktober 2018
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

Loading

Print Friendly, PDF & Email