STRATEGI HUMAS BPJS KESEHATAN DALAM PENANGANAN KELUHAN TERHADAP PELAYANAN BPJS DI RSUD ABDUL WAHAB SJAHRANIE (Dessy Nurjanah, Abdullah Karim, Muhammad Fikry)

October 31, 2018
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Nurjanah, Dessy
On: Oct 31, 2018 @ 10:37 AM
IP: 110.139.147.204

  • 1. Title [Judul]: STRATEGI HUMAS BPJS KESEHATAN DALAM PENANGANAN KELUHAN TERHADAP PELAYANAN BPJS DI RSUD ABDUL WAHAB SJAHRANIE
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Dessy Nurjanah, Abdullah Karim, Muhammad Fikry
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Strategi Humas, BPJS Kesehatan, Keluhan, Pelayanan
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis strategi humas seperti apa yang dilakukan Humas BPJS Kesehatan dalam mengatasi keluhan dari pasien BPJS terhadap pelayanan di RSUD Abdul Wahab Sjahranie.
    Metode Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai status suatu gejala, yaitu keadaan gejala menurut apa adanya saat penelitian dilakukan. Lokasi penelitian di kantor pusat BPJS Kesehatan Kota Samarinda pada Humas BPJS Kesehatan Kota Samarinda. Pegumpulan data dilakukan dengan melakukan penelitian kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Narasumber pada penelitian ini ada sebanyak 7 (tujuh) orang yang terdiri dari Humas BPJS Kesehatan, Humas RSUD AWS bagian pengaduan dan masyarakat peserta BPJS Kesehatan. Analisa data dilakukan dengan cara pengumpulan informasi, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
    Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa aktivitas Humas BPJS Kesehatan Kota Samarinda dalam penanganan keluhan dan complain terkait permasalahan pelayanan BPJS Kesehatan di RSUD AWS. Dalam prosesnya Humas BPJS Kesehatan menjalankan empat langkah penting yang diawali dari pengumpulan fakta, perencanaan dan program, aksi dan komunikasi, serta evaluasi.
    Dalam penemuan faktanya Humas BPJS Kesehatan menggunakan tiga cara untuk mengumpulkan data/fakta terkait pengaduan yang disampaikan. Untuk menangani keluhannya Humas BPJS Kesehatan membuat strategi sesuai melakukan langkah-langkah untuk mengatasi keluhan menurut Rangkuti (2003:76), dan program yaitu program mobile JKN, SIPP dan Rujukan Online. Untuk merealisasikan dan menjalakan program-program yang telah dibuat humas BPJS Kesehatan meminta bagian pemasaran untuk melakukan sosialisasi baik secara langsung/seminar maupun melalui media massa seperti spanduk, baliho, ex-banner, leaflet, mading,majalah, dan billboard. Aspek evaluating (evaluasi) berdasarkan hasil temuan yang didapat, bahwa hasil dari program yang diadakan oleh pihak BPJS Kesehatan kurang efektif ntuk beberapa kalangan terutama mereka yang hidup dizaman serba teknologi ini bagi mereka yang kaum milineal program tersebut sangat memudahkan dan cukup praktis. Namun, untuk para orang tua yang masih awam atau tidak mengerti terhadap kemajuan teknologi saat ini merasa sangat kesulitan dikarenakan tidak mengerti cara menggunakannya dan cara mengoperasikan program yang dibuat oleh BPJS Kesehatan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr.H.Abdullah Karim.M.S, Muhammad Fikry.,M.BA.BBA
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2018
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

Loading

Print Friendly, PDF & Email