PENGARUH PERSEPSI SISWA SMAN 2 SAMARINDA TERHADAP MINAT DALAM MEMILIH UNIVERSITAS MULAWARMAN (STUDI PADA SISWA KELAS 3) (Alfyan Nur Wardana,Hairunnisa,Sarwo Eddy Wibowo)

November 9, 2018
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Nov 9, 2018 @ 9:39 AM
IP: 36.74.229.242

  • 1. Title [Judul]: PENGARUH PERSEPSI SISWA SMAN 2 SAMARINDA TERHADAP MINAT DALAM MEMILIH UNIVERSITAS MULAWARMAN (STUDI PADA SISWA KELAS 3)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Alfyan Nur Wardana,Hairunnisa,Sarwo Eddy Wibowo
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pengaruh, Persepsi, Minat.
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini untuk Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa SMAN 2 Samarinda Terhadap Minat Dalam Memilih Universitas Mulawarman. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian kuantitatif korelasi. Sumber data meliputi data primer yang diperoleh peneliti secara langsung dari informan yaitu siswa kelas 3 yang memiliki 10 kelas dengan program studi yang terdiri dari IPA, IPS dan BAHASA, sedangkan data sekunder yaitu profil Sekolah SMAN 2 Samarinda. Teknik pengumpulan data yaitu meliputi Penyebaran angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa univariat digunakan untuk mendiskripsikan variabel bebas dan variabel yang diteliti. Data – data frekuensi dan presentase yang diperoleh disajikan dalam bentuk tabel frekuensi untuk mempermudah analisa selanjutnya. Analisis bivariat ini digunakan untuk mengetahui hubungan atau kolerasi antara variabel bebas dan variabel terikat dengan Uji Spearman Rank. Adapaun syarat untuk melakukan uji Spearman Rank yaitu datanya ordinal, tidak memerlukan asumsi normalitas dan linieritas (Badri, 2012). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa SMAN 2 Samarinda terhadap minat dalam memilih Universitas Mulawarman. Ha diterima yaitu ada pengaruh persepsi terhadap minat siswa SMAN 2 Samarinda memilih Universitas Mulawarman. Namun tingkat pengaruh termasuk rendah dengan nilai koefisien 0,256.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Hj. Hairunnisa, S.Sos.,MM, Sarwo Eddy Wibowo, S.I.Kom., MM
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 9 November 2018
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

32 total views, 4 views today