STRATEGI DISTRIBUSI BERITA LEMBAGA PERS MAHASISWA (LPM) SKETSA DI MEDIA ONLINE (Nur Maulida, Erwin Resmawan, Nurliah)

November 13, 2018
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Maulida, Nur
On: Nov 13, 2018 @ 3:01 PM
IP: 103.31.207.25

  • 1. Title [Judul]: STRATEGI DISTRIBUSI BERITA LEMBAGA PERS MAHASISWA (LPM) SKETSA DI MEDIA ONLINE
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Nur Maulida, Erwin Resmawan, Nurliah
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Strategi, Distribusi Berita, Media Online, Pers Mahasiswa, SKETSA
  • 4. Description [Abstrak] : Distribusi merupakan salah satu proses penting dalam penerbitan sebuah berita baik dalam skala besar maupun skala kecil seperti Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) SKETSA Universitas Mulawarman. Tanpa proses pendistribusian, berita yang dibuat tidak akan sampai kepada khalayak pembaca. Sebelum berita didistribusikan, diperlukan perencanaan matang yang disesuaikan dengan segala aspek yang terlibat, baik dari internal organisasi maupun eksternal organisasi. Begitu pula dalam pelaksanaan dan pengevaluasian dari strategi yang dijalankan.
    Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui, memahami dan menganalisa bagaimana strategi distribusi berita Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) SKETSA di media online. Fokus penelitian ini adalah perumusan strategi, penerapan strategi dan penilaian strategi distribusi berita di media online. Jenis penelitian ini bersifat kualitatif, dimana teknik analisis data menggunakan analisis data Model Interaktif.
    Pada perumusan strategi, distribusi yang dilakukan melalui media online dipilih karena dapat menjangkau lebih banyak pembaca dan relatif lebih murah dibandingkan menggunakan media konvensional. Pada penerapannya, distribusi berita di media online tidak hanya menggunakan website Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) SKETSA, namun juga memanfaatkan media sosial facebook, twitter dan Line@. Strategi distribusi berita yang dilakukan oleh LPM SKETSA di media online lebih efektif dari pada menggunakan media konvensional seperti majalah. Penilaian ini didasarkan atas jumlah viewer (pembaca) yang sudah mencapai angka ribuan, meskipun jumlah ini sifatnya fluktuatif. Selain itu, penggunaan media online terbukti lebih murah dan menjangkau lebih banyak pembaca dari pada menggunakan majalah terutama majalah dalam bentuk fisik.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Erwin Remawan, M.Si., Nurliah, S.So.s., M.I.Kom
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2018
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email