POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA PASANGAN SUAMI ISTRI YANG MENJALANI LONG DISTANCE MARRIAGE (Studi Kasus Pada Karyawan PT. Pertamina Persero Kota Balikpapan) (Atikah Widyanisa, Hairani Lubis, Kezia Arum Sary)

December 5, 2018
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Widyanisa, Atikah
On: Dec 5, 2018 @ 1:05 PM
IP: 182.1.186.100

  • 1. Title [Judul]: POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA PASANGAN SUAMI ISTRI YANG MENJALANI LONG DISTANCE MARRIAGE (Studi Kasus Pada Karyawan PT. Pertamina Persero Kota Balikpapan)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Atikah Widyanisa, Hairani Lubis, Kezia Arum Sary
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Komunikasi Interpersonal, Pola Komunikasi Interpersonal, Long Distance Marriage.
  • 4. Description [Abstrak] : Fenomena Long Distance Marriage menggambarkan tentang situasi pasangan yang terpisah secara fisik (Pistole dalam Ramadhini dan Hendriani, 2015: 21-28). Resiko yang dihadapi oleh pasangan suami istri Long Distance Marriage salah satunya seperti kurangnya keterbukaan pada pasangan, jarak yang jauh menyebabkan komunikasi interpersonal sering tidak berjalan baik dan efektif dibandingkan dengan komunikasi secara langsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini adalah analisis pada lima sikap membentuk komunikasi interpersonal yang efektif seperti yang dikatakan Devito (2011:259-264) yaitu keterbukaan (openness), empati (empathy), sikap mendukung (supportiveness), sikap positif (positiveness), kesetaraan (equality). Penelitian ini dilakukan selama Maret 2018 sampai Mei 2018. Hasil penelitian ini 2 pasangan menerapkan pola keseimbangan dan 2 pasangan lainnya menerapkan pola pemisah tidak seimbang. 2 pasangan yang menerapkan pola keseimbangan dikarenakan sudah melalui masa perkenalan 3 tahun dan 2,5 tahun sebelum pernikahan sehingga sudah memiliki komitmen dari sebelum pernikahan. 2 pasangan lainnya menerapkan pola pemisah tidak seimbang, dimana baru memiliki komitmen setelah beberapa tahun menikah dan belum menerapkan 5 sikap komunikasi interpersonal efektif.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Hairani Lubis,S,Psi, M.Psi , Kezia Arum Sary,S.Ds, M.Med.Kom
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 5 Desember 2018
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

34 total views, 1 views today