KAJIAN TENTANG PEMBERDAYAAN PADA NARAPIDANA PEREMPUAN KASUS NARKOBA DI RUTAN KELAS IIB TANAH GROGOT (Cristina Natalia Damayanti Sitorus)

December 8, 2018
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Dec 8, 2018 @ 1:45 PM
IP: 180.248.104.45

  • 1. Title [Judul]: KAJIAN TENTANG PEMBERDAYAAN PADA NARAPIDANA PEREMPUAN KASUS NARKOBA DI RUTAN KELAS IIB TANAH GROGOT
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Cristina Natalia Damayanti Sitorus
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pemberdayaan, Narapidana
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanan pelaksanaa pemberdayaan pada narapidana perempuan kasus narkoba di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Tanah Grogot. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini yaitu program peberdayaan pada narapidana perempuan kasus narkoba, metode yang digunakan, tujuan program pemberdayaan, serta faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam pemberdayaan narapidana perempuan kasus narkoba. Teknik pengumpulan menggunakan dua cara yaitu pertama, pra penelitian dengan melakukan observasi dan wawancara sebelum penelitian, kedua penelitian lapangan dengan melakukan observasi, wawancara mendalam, studi pustaka, dan dokumentasi. Teknik analisis data diperoleh dengan menggunakan langkah-langkah yaitu: pengumpulan data, reduksi data, display data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat empat fokus penelitian yang digunakan untuk mengetahui bagaimana upaya pemberdayaan bagi para narapidana selama masa tahanannya di Rutan Kelas IIB Tanah Grogot. Di dalam program pemberdayaan narapidana kasusus narkoba terdapat tiga program yaitu: pemberdayaan narapidana melalui kegiatan keterampilan, pemberdayaan melalui kegiatan keagamaan, dan pemberdayaan narapidana melalui perawatan kesehatan. Adapun metode yang digunakan dalam pelaksanaan pemberdayaan narapidana perempuan kasus narkoba ialah dengan menggunakan metode ceramah dan praktek. Upaya pemberdayaan narapidana perempuan kasus narkoba tidak lepas dari tujuan awal Rutan agar para narapidana perempuan menyadari kesalahan, memperbaiki diri dan tidak lagi mengulangi tindakan yang melanggar hukum sehingga dapat diterima kembali oleh masyarakat dan dapat menjalankan serta mengembangkan fungsi sosialnya kembali di dalam masyarakat. Namun dalam pelaksanaan pemberdayaan narapidana kasus narkoba ini ada beberapa faktor penghambat dalam jalannya kegiatan tersebut seperti adanya keterbatasan petugas atau fasilitator khusus yang ditugaskan bagi narapidana perempuan kasus narkoba, kurangnya sarana dan prasarana yang membuat kegiatan dan program pemberdayaan tidak berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan. Saran untuk penelitian ini adalah sebaiknya perlu dilakukan penambahan petugas khusus, inovasi program, pengadaan sarana dan prasarana yang memadai, perawatan kesehatan khusus agar pelaksanaan program pemberdayaan berjalan dengan baik dan sesuai harapan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Badaruddin Nasir, M. Si, Sarifudin. S, Sos M. Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 9 Desember 2018
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

Loading

Print Friendly, PDF & Email