Efektivitas Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Desa (Studi Kasus Bumdes Madani di Desa Santan Tengah Kecamatan Marangkayu Kabupaten Kutai Kartanegara) (I Made Suwecantara)

December 10, 2018
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Suwecantara, I Made
On: Dec 10, 2018 @ 12:04 PM
IP: 192.168.10.32

  • 1. Title [Judul]: Efektivitas Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Desa (Studi Kasus Bumdes Madani di Desa Santan Tengah Kecamatan Marangkayu Kabupaten Kutai Kartanegara)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: I Made Suwecantara
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: efektivitas, pengelolaan, badan usaha milik desa, pendapatan asli desa.
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang bagaimana efektivitas pengelolaan BUMDes Madani. BUMDes sebagai penggerak perekonomian desa dapat dilihat dari kontribusi pendapatan asli desa yang diberikan kepada pemerintah desa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Santan Tengah Kecamatan Marangkayu Kabupaten Kutai Kartanegara. Temuan dari penelitian ini adalah efektivitas pengelolaan BUMDes Madani di Desa Santan Tengah belum maksimal, dimana BUMDes Madani belum mampu memberikan kontribusi berupa pendapatan asli desa kepada pemerintah desa. Dari tiga indikator efektivitas yang penulis gunakan yaitu pencapaian tujuan, integrasi dan adaptasi belum semua tercapai. Dimana pencapaian tujuan dari Bumdes Madani belum mencapai target awal dari organisasi. Sedangkan integrasi dan adaptasi organisasi sudah berjalan dengan baik. Kemudian temuan lainnya secara mendalam ialah kendala yang dihadapi dalam pengelolaan Bumdes Madani yang utama adalah penyertaan modal dan keterbatasan Sumber Daya Manusia.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : 1. Dr. Iman Surya, M.Si 2. Drs. M. Gunthar Riady, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2018
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email