Pengawasan Illegal Fishing pada Perairan Indonesia di Perbatasan Indonesia-Malaysia (Studi Kasus Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara) (Prayoga Bayu Widya Utama)

December 13, 2018
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Utama, Prayoga Bayu Widya
On: Dec 13, 2018 @ 12:55 PM
IP: 192.168.10.61

  • 1. Title [Judul]: Pengawasan Illegal Fishing pada Perairan Indonesia di Perbatasan Indonesia-Malaysia (Studi Kasus Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Prayoga Bayu Widya Utama
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: pengawasan, illegal fishing.
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang bagaimana pengawasan Illegal Fishing pada perairan Indonesia di perbatasan Indonesia-Malaysia yang dilakukan Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Kota Tarakan dan mengidentifikasikan kendala dalam pelaksanaan pengawasan Illegal Fishing pada perairan Indonesia di perbatasan Indonesia-Malaysia. Penelitian ini memfokuskan pengawasan yang dilakukan Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan berupa pengawasan langsung yang meliputi izin, kapal ikan, wilayah jalur penangkapan dan alat penangkapan ikan sedangkan pengawasan tidak langsung berupa laporan serta kendala dalam pelaksanaan pengawasan illegal fishing pada perairan Indonesia di perbatasan Indonesia-Malaysia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara. Temuan dari penelitian ini menunjukan bahwa pengawasan belum optimal, hal tersebut dapat dilihat dari kurangnya pengawasan yang dilakukan Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Kota Tarakan berupa perizinan kapal ikan, fisik kapal perikanan, daerah penangkapan serta alat penangkapan ikan dan alat bantu penangkapan ikan. Terjadi penurunan pelanggaran illegal fishing yang dilakukan kapal ikan asing dan terjadi peningkatan oleh kapal ikan Indonesia di perairan perbatasan Indonesia-Malaysia.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : 1. Dr. Erwin Resmawan, M.Si 2. Budiman, S.IP, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2018
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email