Studi Tentang Pelaksanaan Program Pelayanan dan Rehabilitasi Kesejahteraan Sosial Rumah Layak Huni di Desa Tideng Pale Induk Kecamatan Sesayap Kabupaten Tana Tidung (Dwi Putra Perdana)

June 24, 2013
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jun 24, 2013 @ 10:44 PM
IP: 112.215.36.152

  • 1. Title [Judul]: Studi Tentang Pelaksanaan Program Pelayanan dan Rehabilitasi Kesejahteraan Sosial Rumah Layak Huni di Desa Tideng Pale Induk Kecamatan Sesayap Kabupaten Tana Tidung
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Dwi Putra Perdana
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pelaksanaan , Program, Rumah Layak Huni di Desa Tideng pale Induk
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini melihat dan mempelajari tentang Pelaksanaan Program Rumah Layak Huni Arah pembahasan ini untuk melihat kepada implementasi dari kemasyarakatan program rehabilitasi – rumah layak Huni di Kabupaten Tana Tidung Khususnya di Desa Tideng Pale Induk. Sasaran dari program ini yaitu untuk mensejahterakan masyarakat lemah yang bertempat tinggal dirumah tidak layak huni. Karya ilmiah ini berargumentasi bahwa program ini dapat dirasakan langsung oleh orang-orang yang menerimanya meskipun dalam program tersebut masih saja ditemukan kekurangan dan halangan. Dari pelaksanaan program tersebut diharapkan agar lebih baik lagi terutama yang berkaitan dengan pelaksanaannya dimana dalam pelaksanaan tersebut tidak ada pengawasan langsung dari pihak yang terkait sehingga program tersebut terkesan apa adanya. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Tideng Pale Induk Kabupaten Tana Tidung. Pengumpulan data dilakukan dengan penelitian kepustakaan, penelitian lapangan observasi, wawancara dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini terdiri dari Kepala Dinas, Kepala Desa , Kaur Pembangunan, dan masyarakat yang menerima program rumah layak huni.
    Hasil penelitian ini menunjukakan bahwa pelaksanaan program rumah layak huni untuk masyarakat kurang mampu di Desa Tideng Pale Induk Kecamatan Sesayap Kabupaten Tana Tidung dapat dikatakan telah memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat kurang mampu dalam hal ini dapat dikaitkan dengan tahapan pelaksanaannya mulai dari kriteria calon penerima bantuan sampai dengan waktu pelaksanaannya sudah dapat dilaksanakan dengan cukup maksimal. Walaupun terdapat persoalan klasik yang sering sekali terjadi. Seperti: waktu yang lama, berbelit-belit dan dan tidak tepat waktu. Selain itu kurangnya pengawasan dari pemerintah sehingga pelaksanaan program tersebut terkesan apa adanya tanpa pengawasan. Pada titik inilah akan lama pemprosesannya, namun kedepannya akan diperbaiki.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. H. Sugandi, M.Si dan Dra. Rita Kalallinggi. M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2013
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: article eJournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email