STANDAR PELAYANAN PEMBUATAN KTP DI KANTOR KECAMATAN SAMARINDA ILIR KOTA SAMARINDA (Selly Prameswari Ahlan)

January 10, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jan 10, 2019 @ 1:48 PM
IP: 36.82.185.208

  • 1. Title [Judul]: STANDAR PELAYANAN PEMBUATAN KTP DI KANTOR KECAMATAN SAMARINDA ILIR KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Selly Prameswari Ahlan
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Standar Pelayanan Pembuatan KTP, Pelayanan Publik.
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Standar Pelayanan Pembuatan KTP dalam Pelayanan di Kecamatan Samarinda Ilir Kota Samarinda, dan untuk mendeskripsikan serta menjelaskan kendala-kendala apa saja yang di hadapi dalam pelaksanaannya. Dalam penelitian ini terdapat beberapa penyelenggaraan pelayanan publik sesuai dengan pasal 4 UU No 25 tahun 2009 yaitu Kepastian dan Kesederhanaan Prosedur Pelayanan, Ketepatan Waktu Pelayanan, Keramahan Petugas serta Ketersediaan Fasilitas dalam Pelayanan Pembuatan KTP. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan tujuan menggambarkan serta mendeskripsikan bagaimana Standar Pelayanan Pembuatan KTP dalam proses Pelayanan Publik yang dilaksanakan di Kantor Kecamatan Samarinda Ilir Kota Samarinda. Adapun Analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif yang dikemukakan oleh Miles, Huberman (dalam Sugiyono) tahun (2013: 337), dimanan analisis data ini terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data sekunder dengan menggunakan penelitian kepustakaan dan sumber-sumber data sekunder lainnya serta melakukan penelitian langsung ke lapangan untuk mendapatkan data primer melalui wawancara yang mendalam (interview indeep). Dari hasil penelitian yang dilakukan, menunjukan bahwa Standar Pelayanan Pembuatan KTP Di Kantor Kecamatan Samarinda Ilir Kota Samarinda khususnya yang berhubungan dengan pembuatan KTP masih terdapat beberapa kendala. Hal tersebut terjadi karena masih kurang nya sosialisasi Pemerintah Kecamatan terhadap masyarakat setempat dalam hal Pembuatan KTP mengakibatkan minim nya pengetahuan masyarakat dalam hal mengurus KTP, dan dalam pelakasanaannya juga sering kali terjadi keterlambatan waktu penyelesaian yang dibutuhkan oleh masyarakat. Sedangkan dalam Prosedur pelayanan pembuatan KTP pihak Kecamatan telah melakukan sesuai SOP dan telah dilaksanakan secara baik dan berjalan lancar.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. Adri Patton, M.Si dan Dr.Bambang Irawan, S.Sos., M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2019
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejurnal

42 total views, 9 views today