Penggunaan Media Sosial Line Messenger Dalam Memenuhi Kebutuhan Sosial Integreatif Pada Anggota Komunitas Yicam Samarinda (Alief Febriantoro, Endang Erawan, Ghufron)

January 16, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jan 16, 2019 @ 12:00 PM
IP: 36.82.193.53

  • 1. Title [Judul]: Penggunaan Media Sosial Line Messenger Dalam Memenuhi Kebutuhan Sosial Integreatif Pada Anggota Komunitas Yicam Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Alief Febriantoro, Endang Erawan, Ghufron
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Media Sosial, Line Messenger, Kebutuhan Sosial Integratif, Komunitas Yicam Samar
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis penggunaan media sosial Line Messenger pada komunitas Yicam Samarinda dalam memenuhi kebutuhan sosial integratif. Sosial integratif atau kebutuhan sosial secara integratif merupakan kebutuhan yang berkaitan dengan peneguhan kontak dengan keluarga, teman, dan dunia. Kebutuhan ini berkaitan dengan membangun hubungan komunikasi antara keluarga, teman secara global sehingga memperkuat jaringan komunikasi tanpa ada batasan. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Fokus penelitian tertuju pada penggunaan fitur – fitur yang terdapat dalam media sosial Line Messenger dan penggunaan Line Messenger dalam memenuhi kebutuhan sosial integratif. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dari Matthew B. Miles, A. Michael Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, media sosial Line Messenger membuat para anggota Yicam Samarinda telah terpenuhi kebutuhan sosial integratifnya karena Line Messenger dengan berbagai fitur unggulannya telah mempermudah dalam berkomunikasi dan mempererat hubungan antar anggota di komunitas Yicam Samarinda. Ketertarikan pada penggunaan line messenger membuat mereka berperan aktif dalam proses komunikasi melalui fitur group chat. Meningkatkan hubungan komunikasi terjadi ketika mengadakan suatu event, anggota komunitas saling akrab dan saling membantu dalam mewujudkan tujuan bersama yaitu keberhasilan dalam menjalankan kegiatan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Endang Erawan., M.Si dan Drs. Ghufron., M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2019
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejurnal

Loading

Print Friendly, PDF & Email