Studi Tentang Perubahan Status Kampung Menjadi Kelurahan Di Kecamatan Barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat (Studi Kasus di Kelurahan Barong Tongkok) (Yudi Christianto)

July 12, 2013
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jul 12, 2013 @ 9:20 PM
IP: 112.215.36.147

  • 1. Title [Judul]: Studi Tentang Perubahan Status Kampung Menjadi Kelurahan Di Kecamatan Barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat (Studi Kasus di Kelurahan Barong Tongkok)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Yudi Christianto
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Perubahan Status, Kampung, Kelurahan, Barong Tongkok
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini menyoroti mengenai perubahan status Kampung menjadi Kelurahan di Kecamatan Barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat. Hal ini berbeda dengan yang terjadi di Jawa dan Bali yang justru merubah status Kelurahan menjadi Desa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.
    Dilihat dari inisiatif perubahan, perubahan status Kampung menjadi Kelurahan Barong Tongkok bukan atas dasar aspirasi masyarakat melainkan atas dasarprogram Pemerintah Kabupaten Kutai Barat dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Diperoleh hasil setelah perubahan status Kampung menjadi Kelurahan dibandingkan sebelum perubahan pola pelayanan administrasi pada Kelurahan lebih baik dengan melihat pola pelayanan dan masyarakat yang pada umumnya sudah mengerti mengenai prosedur pelayanan. Dengan demikian pelayanan yang diberikan lebih mudah terlaksana dan salah satu tujuan utama perubahan status dapat terlaksana yaitu memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sedangkan untuk sistem keuangan, Kelurahan mendapatkan pendanaan yang berasal dari Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kutai Barat. Setelah perubahan status, Kelurahan lebih banyak mendapatkan realisasi anggaran dibandingkan sebelum perubahan yaitu pendanaan Kampung yang bersumber dari Alokasi Dana Kampung (ADK) yang jumlahnya lebih sedikit dibandingkan setelah perubahan.oleh sebab itu, sistem keuangannya lebih baik setelah perubahan dibandingkan sebelum perubahan. Untuk sistem organisasi Kelurahan lebih baik dibandingkan sebelum perubahan karena pada tingkat Kelurahan apabila dilihat dari bidang Sumber Daya Manusia (SDM) lebih baik dibandingkan sebelum perubahan karena pada tingkat Kelurahan lebih banyak Pegawai Negeri Sipil (PNS) sehingga lebih baik dalam memberikan pelayanan administrasi kepada masyarakat.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Phil. I Ketut Gunawan, MA dan Drs. H. Hamdan, M,Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2013
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: article eJournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email