PENGARUH TERPAAN BERITA KRIMINAL TERHADAP KEWASPADAAN IBU RUMAH TANGGA SAMARINDA (STUDI KASUS SURAT KABAR HARIAN “ SAMARINDA POS” DI KELURAHAN TELUK LERONG ULU RT.10 SAMARINDA) (Pattipeilohy F)

August 23, 2013
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Aug 23, 2013 @ 10:08 AM
IP: 180.248.92.18

  • 1. Title [Judul]: PENGARUH TERPAAN BERITA KRIMINAL TERHADAP KEWASPADAAN IBU RUMAH TANGGA SAMARINDA (STUDI KASUS SURAT KABAR HARIAN “ SAMARINDA POS” DI KELURAHAN TELUK LERONG ULU RT.10 SAMARINDA)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Pattipeilohy F
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Surat Kabar, Berita Kriminal, Kewaspadaan
  • 4. Description [Abstrak] : Artikel ini berisi tentang pengaruh terpaan berita kriminal surat kabar terhadaP kewaspadaan ibu rumah tangga Samarinda (Studi kasus surat kabar harian “Samarinda Pos” pada Kelurahan Teluk Lerong Ulu RT. 10 Samarinda).Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penlitian eksplanatif. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas dengan analisis regresi linear sederhana. Sampel penelitian dalam penelitian ini adalah menggunakan purposive sampling dengan rumus yamane yaitu ibu – ibu rumah tangga RT. 10 Kelurahan Teluk Lerong Ulu, yang berjumlah 55 orang tanpa ada kriteria khusus dari sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh terpaan berita kriminal surat kabar terhadap kewaspadaan ibu rumah tangga Samarinda (Studi kasus surat kabar harian “Samarinda Pos” pada Kelurahan Teluk Lerong Ulu RT. 10 Samarinda). Hipotesis penelitian membuktikan bahwa Ho ditolak dan Ha di terima, ini terbukti dari t hitung 0,683 > t tabel 0,265. Dan besarnya pengaruh terpaan berita kriminal surat kabar terhadap kewaspadaan ibu rumah tangga Samarinda (Studi kasus surat kabar harian “Samarinda Pos” pada Kelurahan Teluk Lerong Ulu RT. 10 Samarinda) adalah sebesar 20,9% yang mungkin disebabkan oleh berita tentang pembunuhan, perampokan, penculikan anak, pemerkosaan atau tindak asusila.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs.Sugandi,M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 23 Agustus 2013
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel Jurnal

Loading

Print Friendly, PDF & Email