STUDI TENTANG PELAYANAN LANJUT USIA PADA UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH (UPTD) PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA NIRWANA PURI DI KOTA SAMARINDA (Rima Dwi Yanti)

August 23, 2013
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Dwi Yanti, Rima
On: Aug 23, 2013 @ 10:24 PM
IP: 103.10.67.11

  • 1. Title [Judul]: STUDI TENTANG PELAYANAN LANJUT USIA PADA UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH (UPTD) PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA NIRWANA PURI DI KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Rima Dwi Yanti
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pelayanan, Lanjut Usia
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelayanan terhadap lanjut usia pada UPTD Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Puri Kota Samarinda serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelayanan lanjut usia pada UPTD Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Puri Kota Samarinda.
    Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu pengumpulan data yang diperoleh dalam bentuk data primer dan sekunder, data diperoleh secara langsung dari narasumber (informan) dengan fokus penelitian meliputi Prosedur Pelayanan, Biaya Pelayanan, Program Pelayanan, Sarana dan Prasarana, serta Faktor Pendukung dan Penghambat Pelayanan lanjut usia Pada UPTD Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Puri. Dalam penentuan Key Informan peneliti menggunakan teknik Purposive Sampling dimana informasi atau data yang dikumpulkan dengan memilih informan yang dianggap berkompeten untuk menjadi sumber data, diantaranya Kepala UPTD Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Puri dan Staf sebagai informan pelengkap dan yang menjadi informan lainnya yaitu para lanjut usia yang tinggal di panti serta pihak keluarga yang datang berkunjung dengan menggunakan teknik Sampling Accidental.
    Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa pelayanan yang diberikan kepada para lanjut usia yang terlantar dalam memenuhi kebutuhan hidupnya telah dilaksanakan berdasarkan jumlah SDM, sarana dan prasarana, serta anggaran yang tersedia, hal ini dapat dilihat bahwa upaya pemerintah dalam mengatasi jumlah lanjut usia terlantar yang belum mendapatkan kesejahteraan dirasakan masih kurang. Walaupun jumlah lanjut usia yang mendapatkan pelayanan kesejahteraan yang berada di UPTD Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Puri berdasarkan daya tampung yang tersedia, akan tetapi cukup berarti dalam mengurangi jumlah ketelantaran lanjut usia yang berada di Provinsi Kalimantan Timur.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. H. Achmad Djumlani, M. Si, Enos Paselle S. Sos, M. AP
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2013
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email