Panduan untuk Dosen

Panduan untuk dosen Fisip Unmul dalam pengisisan data karya ilmiah/portal dirinci dalam langkah-langkah berikut:

1. Yang boleh mengisi formulir karya ilmiah dosen dan formulir data portal dosen di website ini adalah dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman saja. Sebelum mengisi formulir, file karya ilmiah dengan format PDF harus sudah siap (siap diupload).

2. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mendaftar (Register) di web portal ini dengan mengklik link Register. Isi username (dengan satu kata) dan alamat email. Password akan dikirim ke alamat email tsb.

3. Langkah berikutnya adalah login dengan mengklik link Login. Setelah bisa login (dengan memasukkan username dan password tsb), soroti username anda di pojok kanan atas, lalu klik Edit My Profile dan ketik nama belakang (Last Name) dan nama depan (First Name). First Name dan Last Name inilah yang nanti tampil sebagai orang yang mengajukan karya ilmiah.

4. Soroti tulisan Portal Karya Ilmiah di pojok kiri atas, lalu klik Visit Site (akan dibawa ke halaman depan web). Kemudian, klik Formulir Pengajuan Karya Ilmiah Dosen. Lalu, isi Formulir Karya Ilmiah Dosen termasuk mengupload file karya ilmiah tsb. Di sini ada beberapa kolom isian yang wajib diisi (dengan tanda asterisk/bintang). Untuk yang tanpa tanda bintang, pengisiannya disesuaikan dengan tipe karya ilmiah, dsb.

5. Jika sukses mengisi (isian formulir terkirim), klik link  Daftar Karya Ilmiah Dosen. Kemudian, klik data anda yang ada di daftar karya ilmiah dosen tsb, maka di web address di browser akan muncul link ke data anda ini dengan format http://portal.fisip-unmul.ac.id/site/?p=xyz (xyz adalah angka/ID data anda}.  Ini disebut Identifier atau Permalink (permanent link). Identifier/Permalink ini nanti dicopy-paste ketika mengisi Formulir Pengajuan Data Portal Dosen.

Langkah selanjutnya adalah:

5. Klik link Formulir Pengajuan Data Portal Dosen dan kemudian isi formulir dimaksud dengan data yang diperlukan, termasuk Identifier/Permalink tsb. Di formulir ini tidak perlu lagi mengupload file. Format formulir ini adalah sama dengan format formulir Garuda (Gerbang Rujukan Digital) Dikti, sehingga semua kolom isian wajib diisi (required). Jika ada kolom yang tidak tahu mau diisi apa, beri tanda strip datar (-).

6. Jika semua sudah diisi, klik Kirim. Jika terkirim dengan sukses, di blok Data Portal Terbaru Dosen, link ke data anda akan muncul. Klik link ini maka data isian anda akan tampil lengkap. Di pojok kanan atas data isian anda terdapat ikon “Print” dan “PDF”. Klik Print, dan jika komputer yang dipakai terhubung dengan printer, maka data isian akan terprint di printer. Hasil print ini bisa anda gunakan sebagai bukti bahwa sudah mengonlinekan karya ilmiah di portal karya ilmiah.

7. Selesai!.Good Luck!!



Panduan Dalam Pemberian Nama File
Ada beberapa kasus bahwa file PDF yang diupload tidak bisa diakses (error ketika identifier/permalink diklik). Sebabnya adalah karena ada spasi di antara kata sehingga tidak cross-browser (untuk isu cross-browser, klik di sini). Disarankan nama file tidak panjang, memakai huruf kecil semua, dan mengganti spasi dengan underscore (_). Contoh penamaan file adalah sbb:

an_sumarni_pembedayaan.pdf (tiga kata tanpa spasi)

ip_budi_good_governance.pdf (empat kata tanpa spasi)

ilkom_joni_pengaruh_iklan_politik.pdf (lima kata tanpa spasi)

 

 

 

2,181 total views, 1 views today