Panduan untuk Mahasiswa S1

Beberapa panduan untuk mahasiswa dalam pengisisan data karya ilmiah/portal adalah sebagai berikut:

1. Yang boleh mengisi formulir karya ilmiah berupa ejournal adalah mahasiswa S1 Fisip Unmul yang: (a) sudah lulus ujian skripsi, (b) artikel ejournalnya sudah disetujui oleh Pembimbing I dan II, dan (c) artikel ejournalnya sudah diberi identitas terbitan oleh Prodi (Volume, Nomor, Tahun, nomor halaman, dsb).

2. Langkah pertama adalah mengisi Formulir Karya Ilmiah di website Prodi masing-masing sebagaimana disebutkan di sini. Jika sukses mengisi (isian formulir terkirim), klik data yang baru anda isi  tsb, maka di browser akan muncul link ke data anda tsb. Ini disebut Identifier atau Permalink (permanent link). Identifier/Permalink ini nanti dicopy ketika mengisi Formulir Pengajuan Data Portal Mahasiswa.

Langkah selanjutnya adalah:

3. Mendaftar (Register) di web portal ini dengan mengklik link Register. Isi username (dengan satu kata) dan alamat email. Password akan dikirim ke alamat email.

4. Langkah berikutnya adalah login dengan mengklik link Login. Di Profil (di pojok kanan atas setelah login), isi First Name (nama depan) dan Last Name (nama belakang) karena nama inilah (First Name dan Last name)  yang akan tampil sebagai orang yang mengajukan data portal. Jika namanya terdiri dari satu kata, sebaiknya dimasukkan di last name. Jika namanya lebih dari dua kata, masukkan  satu kata paling belakang di Last Name, sementara sisanya di

5. Isi Formulir Pengajuan Data Portal Mahasiswa, termasuk memasukkan link Identifier/Permalink tersebut. Di sini anda tidak perlu lagi mengupload file. Contoh isian bisa dilihat di sini.
Format formulir ini adalah sama dengan format formulir Garuda (Gerbang Rujukan Digital) Dikti, sehingga semua kolom isian wajib diisi (required). Jika ada kolom yang tidak tahu mau diisi apa, beri tanda strip datar (-).

6. Jika semua sudah diisi, klik Kirim. Lalu print sebagai bukti bahwa anda sudah memasukkan data portal. Selesai!

3,506 total views, 1 views today