Implementasi Strategi Pengembangan Aplikasi Sipenduk di Kelurahan Sempaja Utara Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda (Dandi Hanggara)

May 27, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Hanggara, Dandi
On: May 27, 2021 @ 11:38 AM
IP: 182.3.133.18

  • 1. Title [Judul]: Implementasi Strategi Pengembangan Aplikasi Sipenduk di Kelurahan Sempaja Utara Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Dandi Hanggara
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Implementasi Strategi Pengembangan
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk melihat implementasi strategi pengembangan aplikasi Sipenduk di Kelurahan Sempaja Utara Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda, serta untuk mengidentifikasi faktor penghambat dan pendukungnya.
    Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan fokus penelitian, yaitu komitmen, orientasi belajar, kualitas komunikasi dan kolaborasi perilaku dengan memperhatikan faktor penghambat dan pendukungnya. Dalam penelitian ini yang menjadi key informan adalah Kepala Bagian Aplikasi dan Pelayanan E-Government Diskominfo Kota Samarinda, Pelopor inovasi aplikasi Sipenduk, Admin sekaligus Programmer aplikasi Sipenduk dan 1 Informan. Teknik analisis data menggunakan model interaktif yang dikembangkan oleh Miles, Huberman dan Saldana.
    Hasil penelitian disimpulkan bahwa dari segi komitmen, pihak pengembang aplikasi Sipenduk telah terlibat, hal ini dibuktikan dengan adanya data dokumen perjanjian yang ditanda tangani oleh seluruh lurah terkait implementasi aplikasi berbasis e-government di Kota Samarinda dan komitmen pemerintah dalam melayani masyarakat yang sesuai dengan visi misi Pemerintah Kota Samarinda Dari segi orientasi belajar pihak-pihak yang terlibat dengan pengembangan aplikasi Sipenduk cukup baik, hal ini dibuktikan dengan adanya data perkembangan aplikasi Sipenduk secara berkelanjutan, adanya pelatihan dan bimbingan teknis kepada seluruh staff pelayanan dimasing-masing kelurahan pada tahun 2018 dan juga adanya penemuan-penemuan inovasi baru ketika menggunakan aplikasi Sipenduk. Dari segi pola komunikasi pihak-pihak yang terlibat dengan pengembangan aplikasi Sipenduk cukup baik, hal ini dibuktikan dengan adanya data pola komunikasi antar staff dengan admin ketika mengalami masalah dan antar pihak pengembang. Komunikasi tersebut terus terjadi membentuk ruang lingkup sehingga adanya umpan balik dan komunikasi dua arah selama proses pelaksanaan program aplikasi Sipenduk Dari segi kolaborasi perilaku pihak yang terlibat dengan pengembangan aplikasi Sipenduk cukup baik, hal ini dibuktikan dengan adanya sikap untuk memecahkan masalah sendiri dari staff kelurahan ketika menggunakan aplikasi Sipenduk adalah salah satu indikasi yang menunjukan terjadinya kolaborasi perilaku.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Bambang Irawan, M.Si & Thalita Rifda Khaerani, S.Ap, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2021
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Open Document

Loading

Print Friendly, PDF & Email