Strategi Adaptasi Mantan Narapidana Pengedar Narkoba di Lingkungan Masyarakat Kelurahan Sungai Dama Kota Samarinda (Ade Rara Surya Ningsih)

May 31, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: May 31, 2021 @ 8:31 AM
IP: 114.122.233.110

  • 1. Title [Judul]: Strategi Adaptasi Mantan Narapidana Pengedar Narkoba di Lingkungan Masyarakat Kelurahan Sungai Dama Kota Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Ade Rara Surya Ningsih
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Stategi Adaptasi, Mantan Narapidana Pengedar Narkoba.
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui strategi adaptasi mantan narapidana pengedar narkoba di lingkungan masyarakat Kelurahan Sungai Dama. Metode penelitian menggunakan model penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian strategi adaptasi yang dilakukan oleh para mantan narapidana kasus pengedar narkoba adalah membenahi diri sendiri secara emosional agar memiliki mental dan tekad yang kuat, bersedia membuka diri untuk memulai interaksi dan komunikasi dengan masyarakat sekitar, bersedia mengikuti kegiatan kemasyarakatan baik formal maupun informal yang diadakan masyarakat sekitar, memiliki pekerjaan (bukan sebagai pengedar atau pekerjaan haram lainnya) sebagai mata pencaharian untuk bertahan hidup, pandai dalam membawa diri, menghindari bergaul dan berkumpul dengan teman/kerabat/rekan yang memiliki keterlibatan dengan penyalahgunaan narkoba, dan memanfaatkan peranan keluarga sebagai jembatan dalam membina hubungan baik dengan masyarakat. Setelah beradaptasi masyarakat mulai menerima mantan narapidana dengan sikap bertegur sapa, melibatkan mantan narapidana berkegiatan dan membaur diantara masyarakat, berinteraksi dan berkomunikasi dengan mantan narapidana. Hambatan dalam beradaptasi ialah sikap negatif masyarakat, tempat tinggal rawan penyalahgunaan narkoba, kesulitan mencari pekerjaan lain, kurang kuatnya tekad dan kesadaran mantan narapidana. Solusi dari hambatan ialah penerimaan masyarakat dengan sikap yang, menjaga diri dari pergaulan yang tidak baik, mantan narapidana sebaiknya secara aktif dan kreatif membekali diri mereka dengan pelatihan atau pendidikan, mantan narapidana sebaiknya memiliki niat/keinginan serta tekad yang kuat untuk merubah kehidupannya, dan setiap individu harus sadar bahwa setiap perbuatan yang dikerjakan akan membawa dampak baik secara langsung maupun tidak langsung kepada orang lain.
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Sri Murlianti, M.Si., Syarifudin, S.Sos., MA.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 31 Mei 2021
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

Loading

Print Friendly, PDF & Email