Persepsi Pendengar Terhadap Podcast Rintik Sedu di Samarinda (Safriyani Mourint, Sugandi, Nurliah)

June 8, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Mourint, Safriyani
On: Jun 8, 2021 @ 11:25 AM
IP: 125.160.67.125

  • 1. Title [Judul]: Persepsi Pendengar Terhadap Podcast Rintik Sedu di Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Safriyani Mourint, Sugandi, Nurliah
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Persepsi, Podcast, Podcast Rintik Sedu, Pendengar
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami, menafsirkan, dan menganalisis bagaimana persepsi pendengar terhadap podcast Rintik Sedu di Samarinda. Indikator penelitian yang digunakan dalam artikel ini diambil dari indikator yang dirasakan yaitu penyerapan, pemahaman dan penilaian. Penelitian ini menggunakan teori uses and gratification. Dengan kata lain, audiens adalah massa yang aktif dan memiliki kekuatan untuk memutuskan media apa yang akan dikonsumsi. Serta teori S-O-R, mengasumsi bahwa stimulus yang diberikan akan merangsang orang lain untuk memberikan respon dengan cara tertentu.
    Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi pertama, wawancara dan dokumentasi. Para informan adalah perempuan maupun laki-laki berusia 18-25 tahun pendengar podcast Rintik Sedu selama 8 bulan terakhir, dan masyarakat Samarinda yang terlihat sedang mendengarkan podcast ini pada sosial media milik mereka. Analisis data menggunakan metode Miles dan Huberman. Singkatnya, analisis data yang dimulai dengan proses mengumpulkan, reduksi atau meminimalkan, dan menyajikan data serta penarikan kesimpulan.
    Dari hasil penelitian ini, persepsi pendengar terhadap podcast Rintik Sedu menghasilkan persepsi yaitu menyukai podcast tersebut. Secara keseluruhan persepsi pendengar cenderung positif karena audiens menganggap podcast tersebut memberikan banyak inspirasi maupun informasi. Persepsi yang muncul pun didasari oleh latar belakang, karakteristik maupun pengalaman masa lalu yang berbeda dari para informan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Sugandi, M.Si & Nurliah, S.Sos,. M.Ikom
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2021
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

19 total views, 2 views today