IMPLEMENTASI PERATURAN BUPATI KUTAI KARTANEGARA NO 38 TAHUN 2019 TENTANG GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT (Studi Kasus Intervensi Penanganan Stunting Oleh Dinas Kesehatan Di Desa Bakungan Kecamatan Loa Janan) (Rina Novianti)

June 14, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jun 14, 2021 @ 3:10 PM
IP: 180.248.123.121

  • 1. Title [Judul]: IMPLEMENTASI PERATURAN BUPATI KUTAI KARTANEGARA NO 38 TAHUN 2019 TENTANG GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT (Studi Kasus Intervensi Penanganan Stunting Oleh Dinas Kesehatan Di Desa Bakungan Kecamatan Loa Janan)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Rina Novianti
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Implementasi, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, Stunting
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa Implementasi Peraturan Bupati Nomor 38 Tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat untuk penanganan Stunting oleh Dinas Kesehatan Kabuapten Kutai Kartanegara, serta untuk mengidentifikasi faktor penghambatnya.
    Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan fokus penelitian dari teori Grindle yang terdiri dari variabel Isi Kebijakan: (1) Kepentingan kelompok sasaran; (2) Tipe manfaat; (3) Derajat perubahan yang diinginkan; (4) Letak pengambilan keputusan; (5) Pelaksana program; (6) Sumber daya yang dilibatkan. Variabel Lingkungan: (1) Kekuasaan, kepentingan dan strategi aktor yang terlibat; (2) Karakteristik lembaga dan penguasa; (3) Kepatuhan dan daya tanggap, serta faktor penghambat Implementasi Peraturan Bupati Nomor 38 Tahun 2019 Tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Studi Kasus Intervensi Pananganan Stunting oleh Dinas Kesehatan di Kabupaten Kutai Kartanegara). Teknik pengumpulan data diperoleh melalu observasi, wawancara dan dokumentasi dengan key informan dan informan. Analisis data yang digunakan ialah model interaktif yang di kembangkan oleh Miles, Huberman dan Saldana.
    Hasil penelitian disimpulkan bahwa, implementasi Peraturan Bupati Kutai Kartanegara Nomor 38 Tahun 2019 Tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dalam penanangan stunting oleh Dinas Kesehatan di Desa Bakungan Kecamatan Loa Janan belum dilaksanakan secara maksimal. Dimana masih ditemukan masyarakat yang tidak mengikuti kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dalam penanganan stunting, untuk mensiasatinya Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Kartanegara berusahan untuk meningakatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan perilaku pola hidup sehat dalam bentuk perlombaan dengan tema menu bekal sehat serta memberikan informasi manfaat yang akan diterima masyarakat. Agar masyarakat mendapatkan pengetahuan, meningkatkan minat dan motivasi masyarakat untuk ikut serta melakukan pola hidup sehat.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Enos Paselle, M.AP dan Tri Susilowati, S.Sos.,M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2021
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email