Strategi Masyarakat Dalam Mempertahankan Lahan Dari Ekspansi Pertambangan Batu Bara di Desa Sumber Sari Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara (Muhammad Ikhsan Alim. S)

July 16, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Alim. S, Muhammad Ikhsan
On: Jul 16, 2021 @ 12:10 AM
IP: 114.5.102.36

  • 1. Title [Judul]: Strategi Masyarakat Dalam Mempertahankan Lahan Dari Ekspansi Pertambangan Batu Bara di Desa Sumber Sari Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Muhammad Ikhsan Alim. S
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Strategi Perlawanan Masyarakat, Tambang Batu Bara, Pertanian, Desa Wisata
  • 4. Description [Abstrak] : Ekspansi pertambangan sering kali menimbulkan konflik, karena adanya tumpang tindih perizinan dan tidak berkesinambungan terhadap lingkungan khususnya lahan pertanian. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejarah masyarakat dalam mengumpulkan kekuatan untuk mempertahankan lahan serta mendeskripsikan bentuk strategi masyarakat dalam mempertahankan lahan dari ancaman ekspansi pertambangan batu bara di Desa Sumber Sari Kecamatan Loa Kulu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik Purpossive Sampling menggunakan metode wawancara mendalam dan observasi untuk menghimpun data terhadap informan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan mendeskripsikan secara mendalam mengenai bentuk strategi masyarakat dalam mempertahankan lahan dari ancaman ekspansi pertambangan batu bara. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi masyarakat dalam mempertahankan lahan pertanian menggunakan dua bentuk strategi perlawanan. Perlawanan pasif serta perlawanan aktif dari bawah dan dari atas. Masyarakat melakukan perlawanan pasif dengan mempertahankan budaya mereka sebagai petani. Perlawanan aktif yang dilakukan masyarakat untuk mengusir perusahaan batu bara, dengan bersama-sama menggerakkan partisipasi dari etos swadaya yang ada di dalam masyarakat. Perlawanan ini dilakukan dengan aksi demonstrasi penolakan izin tambang batu bara di kantor DPRD Kab. Kutai Kartanegara. Perlawanan tersebut mendapatkan dukungan dari pihak pemerintah. Dengan sumber daya dan kekuatan tersebut mampu menangkal masuknya perusahaan tambang batu bara di Desa Sumber Sari.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Ibu Dr. Sukapti, M.Hum dan Ibu Ratna Purba, M.A
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2021
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

80 total views, 1 views today