Analisis Manajemen Risiko Keselamatan Kerja Pada Kegiatan Pengiriman Bahan Peledak PT XYZ (Studi Kasus Menaikkan Truck Explosive Ke LCT) (Defrilia Syumber Melinda)

August 2, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Aug 2, 2021 @ 5:37 PM
IP: 125.160.113.189

  • 1. Title [Judul]: Analisis Manajemen Risiko Keselamatan Kerja Pada Kegiatan Pengiriman Bahan Peledak PT XYZ (Studi Kasus Menaikkan Truck Explosive Ke LCT)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Defrilia Syumber Melinda
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Keselamatan Kerja, Kecelakaan Kerja, Manajemen Risiko
  • 4. Description [Abstrak] : Tahapan proses pengiriman bahan peledak PT XYZ memiliki berbagai proses yang berhubungan langsung dengan alat-alat bantu yang besar dan bergerak selain itu dalam proses kegiatan ini juga berhubungan langsung dengan bahan-bahan yang mudah terbakar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan metode kualitatif, dengan fokus penelitian adalah: identifikasi risiko, penilaian risiko, strategi pengelolaan risiko dan mitigasi. Hasil penelitian ini menunjukkan dalam kegiatan menaikan truck AN ke LCT, tingkat risiko yang ditemukan daalam penelitian ini adalah sebesar 8% Proirity 1, presentase sebesar 15% Substansial, 46% Proirity 3, dan 31% Acceptable. Strategi pengelolaan risiko yang dipilih dan dilakukan oleh perusahaan adalah hyerarchy of control dan melakukan upaya mitigasi dengan 4 cara yaitu: standard Operation Procedure, Plan Task Observasi, On The Spot Monitoring, Job Safety Analysis. Saran yang diberikan adalah perusahaan melakukan identifikasi risiko dan penilaian risiko secara merata dalam masing-masing proses kegiatan, pengawasan dalam setiap titik lokasi tentang fokus karyawan dan unit kendaraan yang selalu dikontrol keadaanya, dan melakukan review secara bertahap terhadap setiap kegiatan dan pembaharuan Standard Operation Procedure jika diperlukan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Arwin Sanjaya, S.Pd., M.AB , Dian Dwi Nur Rahmah, S.Psi., M.PSI., Psikolog,
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2021
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

Loading

Print Friendly, PDF & Email