Peran Dinas Pariwisata Dalam Mengkomunikasikan Budaya Kearifan Lokal Sarung Samarinda Di Kampung Tenun Kota Samarinda. (Muhammad Adam, Adietya Arie H, H. Muhammad Faisal)

September 16, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: , Muhammad
On: Sep 16, 2021 @ 9:43 AM
IP: 103.31.207.25

  • 1. Title [Judul]: Peran Dinas Pariwisata Dalam Mengkomunikasikan Budaya Kearifan Lokal Sarung Samarinda Di Kampung Tenun Kota Samarinda.
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Muhammad Adam, Adietya Arie H, H. Muhammad Faisal
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kata kunci : Peran, Dinas Pariwisata, Mengkomunikasikan Budaya Kearifan Lokal, S
  • 4. Description [Abstrak] : Abstrak
    Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui Peran Dinas Pariwisata Dalam Mengkomunikasikan Budaya Kearifan Lokal Sarung Samarinda di Kampung Tenun Kota Samarinda. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian Peran Dinas Pariwisata Dalam Mengkomunikasikan Budaya Kearifan Lokal Sarung Samarinda di Kampung Tenun Kota Samarinda indikatornya terdiri dari: source (sumber), message (pesan), channel (saluran-media), receiver (penerima) dan efek (pengaruh).
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Peran Dinas Pariwisata dalam mengkomunikasikan budaya kearifan lokal Kampung Tenun Kota Samarinda, sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Dinas Pariwisata yang terus berupaya meningkatkan pengembangan sarung tenun dengan membuka sosialisasi Kebijakan Ekonomi Kreatif di Samarinda yang berlangsung di aula Dinas Pariwisata Samarinda. Dinas Pariwisata mempublikasikan sarung Samarinda di media massa, program talk show dan dialog interaktif yang bertema kebudayaan Kota Samarinda. Sarung Samarinda sangat pantas untuk dibudayakan karena pembuatan yang manual khas dari budaya yang ada di Indonesia dan motif-motif yang berbeda. Sarung tenun memiliki nama-nama yang dibudayakan, karena Samarinda memiliki 20 motif jenis sarung tenun. Dinas Pariwisata menyampaikan informasi dan mempromosikan atau memasarkan Sarung Samarinda melalui beberapa media masa lokal, seperti televisi, radio, surat kabar, media social, media cetak dan media luar ruang seperti baliho, spanduk, billboard yang dipasang di jalan-jalan protokol. Sasaran Dinas Pariwisata dalam memasarkan sarung Samarinda adalah masyarakat Samarinda, masyarakat umum dan juga pejabat-pejabat Kota Samarinda dan kota lain di Indonesia. Sarung Samarinda banyak disukai oleh masyarakat dan dicari semua orang, baik dari Samarinda maupun diluar kota Samarinda. Terbukti bahwa Sarung Tenun Samarinda banyak dijual diberbagai toko. Kepala Dinas Pariwisata, mengharapkan produksi kain tenun yang menjadi ciri khas Samarinda terus berkembang dan menjadi usaha kreatif warga.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Adietya Arie H, H. Muhammad Faisal
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 16/09/2021
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]:

51 total views, 2 views today