PELAKSANAAN PENGENDALIAN PERTUMBUHAN KELAHIRAN DI KELURAHAN SUNGAI PINANG DALAM KECAMATAN SUNGAI PINANG KOTA SAMARINDA (Studi Pada Puskesmas Temindung) (PUTERI MONIKA)

September 16, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Sep 16, 2021 @ 2:47 PM
IP: 103.31.207.25

  • 1. Title [Judul]: PELAKSANAAN PENGENDALIAN PERTUMBUHAN KELAHIRAN DI KELURAHAN SUNGAI PINANG DALAM KECAMATAN SUNGAI PINANG KOTA SAMARINDA (Studi Pada Puskesmas Temindung)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: PUTERI MONIKA
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pelaksanaan, Pengendalian, Pertumbuhan, Kelahiran.
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini ditujukan untuk memberikan gambaran terkait bagaimana jalannya Pelaksanaan Pengendalian Kelahiran di Puskesmas Temindung Kelurahan Sungai Pinang Dalam Kecamatan Sungai Pinang Kota Samarinda.
    Adapun Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana Proses Pelaksanaan Pengendalian Pertumbuhan Kelahiran Penduduk di Puskesmas Temindung Kelurahan Sungai Pinang Dalam Kecamatan Sungai Pinang Kota Samarinda serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pengendalian pertumbuhan penduduk di Puskesmas Temindung. Dalam penelitian ini, informan kunci adalah Kepala KB Temindung, UPTB Puskesmas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan pencatatan. Teknologi analisis data yang digunakan adalah teknologi analisis data interaktif yang dikembangkan oleh Miles, Huberman dan Saldana dalam Sugiono.
    Berdasarkan hasil penelitian yang berjudul Pelaksanaan Pengendalian Pertumbuhan Kelahiran di Kelurahan Sungai Pinang Dalam Kecamatan Sungai Pinang Kota Samarinda. Dapat diketahui bahwa dalam pengelolaan pelaksanaan program KB penyuluh KB menjaga hubungan kerjasama yang baik antara kader aktif dan tidak aktif, masyarakat telah melakukan pemeriksaan di Puskesmas dan Posyandu selalu mendapatkan pengetahuan tentang Program KB dan pengembangan kemitraan oleh penyuluh KB kepada tokoh masyarakat, tokoh agama maupun instansi sudah dilaksanakan. Selain itu faktor penghambat dalam program KB yaitu kurangnya partisipasi masyarakat akan pentingnya program keluarga berencana (KB) serta kendala penjadwalan sosialisasi yang menyebabkan masyarakat menjadi tidak mengetahui pasti informasi pelaksanaan program Keluarga Berencana (KB). dan selalu memahami perkembangan rencana KB dan persekutuan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr.Chatas Teguh Prakoso, M.Si, dan Drs. H. M.Z. Arifin, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2021
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel Journal

Loading

Print Friendly, PDF & Email