Komunikasi Partisipatif Rumah Kebun Squad dalam Meningkatkan Minat Baca di Kampung Kajang Kelurahan Singa Geweh Kecamatan Sangatta Selatan (Nurul Magfirah, Erwiantono, Kheyene Molekandella Boer)

September 23, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Magfirah, Nurul
On: Sep 23, 2021 @ 3:06 PM
IP: 36.78.201.23

  • 1. Title [Judul]: Komunikasi Partisipatif Rumah Kebun Squad dalam Meningkatkan Minat Baca di Kampung Kajang Kelurahan Singa Geweh Kecamatan Sangatta Selatan
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Nurul Magfirah, Erwiantono, Kheyene Molekandella Boer
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Komunikasi Partisipatif, Minat Baca, Taman Baca Masyarakat
  • 4. Description [Abstrak] : Taman Baca Masyarakat Rumah Kebun Squad merupakan ruang perkumpulan baru bagi para pemuda Kampung Kajang untuk turut berpartisipasi dalam upaya membangun kesadaran akan pentingnya membaca kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan komunikasi partisipatif dalam meningkatkan minat baca di Kampung Kajang. Fokus penelitian ini menggunakan teori komunikasi partisipatif dengan empat inidikator yaitu heteroglasia, dialogis, poliponi dan karnaval.
    Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa empat indikator komunikasi partisipatif telah diterapkan oleh Rumah Kebun Squad dalam upaya meningkatkan minat baca. Pada indikator Heteroglasia memperlihatkan sebuah sistem pembangunan yang dihimpun oleh keberagaman masyarakat dan kelompok sehingga melibatkan berbagai pihak dalam mencapai tujuannya, namun ditemukan minimnya keterlibatan kalangan orang tua di dalamnya. Indikator Dialogis terlihat saat proses komunikasi berlangsung dimana seluruh pihak memiliki kedudukan yang sejajar sehingga memiliki hak untuk menyampaikan suaranya secara bebas, namun belum berjalannya sosialisasi terkait literasi secara menyeluruh mengakibatkan kurangnya motivasi beberapa kalangan untuk turut serta. Dalam indikator Poliponi, Rumah Kebun Squad tetap berupaya untuk menghimpun seluruh keberagaman suara yang ada. Indikator Karnaval terlihat dari adanya usaha dari Rumah Kebun Squad untuk membangun suasana kekeluargaan dan melakukan penyebaran pesan dengan menggunakan gaya bahasa serta media yang sesuai dengan kebiasaan masyarakat.
    Para pengurus TBM perlu meningkatkan kerja sama dengan seluruh masyarakat dalam mewujudkan kampung yang memiliki kesadaran akan pentingnya literasi, serta memanfaatkan peran media sosial dengan melakukan inovasi kreatif dalam melakukan penyebaran informasi edukatif.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Erwiantono, S.PI., M.Si, Kheyene Molekandella Boer, S.I.Kom., M.I.Kom
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2021
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

Loading

Print Friendly, PDF & Email